Indonesian Journal of Learning and Educational Studies
Vol. 1 No. 2 (2023): Indonesian Journal of Learning and Educational Studies

Optimalisasi Aplikasi Quizwhizzer dalam Kegiatan Perkuliahan Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa

Firdiawan Ekaputra (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Motivasi belajar memegang peranan penting dalam keberhasilan mahasiswa dalam belajar. Penggunaan media yang kurang mampu membangkitkan semangat belajar dapat menjadikan motivasi belajar menjadi rendah dan berdampak pada tingkat keberhasilan belajar mahasiswa. Penerapan aplikasi quizwhizzer merupakan fokus penelitian untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menguji optimalisasi aplikasi quizwhizzer dalam kegiatan perkuliahan terhadap peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Biokimia II kelas R-001. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi yang mengikuti perkuliahan Biokimia II kelas R-001 tahun akademik 2023/2024. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket. Pengisian angket motivasi belajar dilakukan sebelum dan sesudah penerapan aplikasi quizwhizzer dalam perkuliahan. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji paired samples t test. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan aplikasi quizwhizzer dalam kegiatan perkuliahan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Biokimia II kelas R-001.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijles

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Educational Studies is a multi-disciplinary, peer-refereed, and academic journal creating a forum for the publication of critical research on learning and education studies. This journal is published by Piramida Akademi with the online ISSN 3021-8780. The journal ...