Jurnal Keperawatan
Vol 16 No 1 (2024): Jurnal Keperawatan: Maret 2024

Aplikasi Edukasi Presisi Manajemen Cairan terhadap Kemampuan Manajemen Cairan pada Pasien Congestive Hearth Failure (CHF)

Andy Kristiyan (Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga)
Ninuk Dian Kurniawati (Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga)
Junait Junait (RSUP Dr. Kariadi Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2023

Abstract

Penyakit gagal jantung merupakan masalah kesehatan yang progresif di negara maju maupun negara berkembang seperti Indonesia. Cara terbaik dalam mengontrol kekambuhan dari gejala penyakit gagal jantung yaitu dengan manajemen keseimbangan cairan tubuh. Aplikasi edukasi presisi manajemen cairan dapat digunakan sebagai upaya dalam mengatasi masalah manajemen cairan yang dialami pasien CHF dengan meningkatkan self care pasien sehingga tujuan mengembangkan aplikasi edukasi presisi berbasis android dapat tercapai. Desain penelitian menggunakan Research and Development (R&D) yang terdiri dari dua tahap penelitian. Sampel diambil menggunakan teknik consequtive sampling yakni 30 pasien CHF dan 4 perawat penanggung jawab ahli jantung. Instrument yang digunakan adalah rekam medis, wawancara, dan kuesioner. Uji kelayakan kuesioner SUS pada aplikasi edukasi presisi didapatkan hasil 84 artinya acceptable. Uji validitas aplikasi edukasi presisi hasilnya 0,868 artinya sangat relevan sehingga aplikasi edukasi presisi manajemen cairan dapat digunakan untuk membantu pasien CHF melakukan manajemen cairan. Pada tahap 1 menggunakan analisa univariat dan bivariat, sedangkan pada tahap 2 menggunakan analisa univariat untuk menunjukkan presentasi hasil kelayakan uji aplikasi. Aplikasi edukasi presisi manajemen cairan layak untuk digunakan sebagai media edukasi dengan kondisi Acceptability Ranges yakni acceptable. Grade Scale termasuk B. Adjective Rating: Worst Imaginable hasilnya Excellent dan secara Percentiles hasilnya Baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

keperawatan

Publisher

Subject

Nursing

Description

Jurnal keperawatan (JK) merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. JK merupakan sarana pengembangan dan publikasi karya ilmiah bagi para peneliti, dosen dan praktisi keperawatan. JK menerbitkan artikel-artikel yang merupakan hasil penelitian, studi kasus, hasil ...