Journal of Business Management
Vol. 1 No. 1 (2023): August

Strategi Implementasi Relationship Marketing Melalui Customer Relationship Management

Candra Hariyadi (Politeknik Negeri Jember)
Luluk Cahyo Wiyono (Politeknik Negeri Jember)
Geri Barnas Saputra (Politeknik Negeri Jember)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi yang dilakukan dalam implementasi alat CRM untuk manajemen pemasaran hubungan di perusahaan yang menyediakan layanan konsultasi. Untuk metodologi penelitian digunakan pendekatan kualitatif, metode eksplorasi dan analisis data berdasarkan paradigma penelitian interpretatif dengan studi kasus. Data dari setiap fase implementasi dikumpulkan dan dirinci untuk menyusun strategi implementasi untuk menganalisisnya secara individual. Diamati bahwa CRM adalah alat yang ampuh untuk membantu organisasi menghasilkan hubungan yang langgeng dengan pelanggan mereka dan meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui retensi pelanggan dan pembelian kembali. Selain itu, diidentifikasi bahwa proses implementasi perlu diselaraskan dengan budaya organisasi, memiliki peran dan atribusi yang didefinisikan pada fase awal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jbm

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Business Management (JoBM) officially registered in the National Research and Innovation Agency, Directorate of Multimedia Repository and Scientific Publishing, ISSN INDONESIAN NATIONAL CENTER with ISSN Number 3025-7689 (online). This journal is published three times a year (April, ...