Penelitian ini bertujun untuk mendeskripisikan Analisis Kesulitan Membaca Siswa dengan menggunakan metode wawancara dan observasai yang saya lakaukan di SDK Rakalaba.Seluruh siswa kelas 1 SDK Rakalaba dengan jumlah siswa 10 orang,diantaranya 5 orang siswa laki-laki dan 5 siswa peranpuam.3 siswa mengalami kesulitan membaca.pengamatan membaca yang saya lakukan dikelas 1 dimulai dari guru memberikan teks bacaaan kepada siswa,kemudian setelah aspek keulitan diketahui,lalu diamati karakteristik siswa yang mengalami kesulitan membaca tersebut.kesulitan membaca siswa yang teringgi terdapat pada siswa yang membaca kata demi kata lalu,kata tersebut tidak mempunyai arti.kesulitan membaca siswa selanjutnya terdapat pada aspek kelancaran membaca nyaring dan pemahaman bacaan.kemudian yang terakhir keulitan dalam menyimak atau pemahaman mendengar.pada pemahaman mendengar ini siswa seringkali lebih banyak bermain daripada mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Karakteristik kesulitan membaca siswa yaitu,kesulitan mengidentifikasi huruf dan mernagkai susunan huruf.dalam merangkai huruf ada siswa yang sedikit keliru dalam menempatkan posisi huruf yang benar,kemudian pengejaan masih terbata-bata,masih ada mnegucapkan kata yang salah,ada siswa yang kurang memperhatikan tanda baca,tidak memahami isi bacaan dan sulit untuk berkonsentrasi.
Copyrights © 2023