Buletin Utama Teknik
Vol 13, No 2 (2018): Edisi Januari

IMPLEMENTASI RISET BISNIS PADA PENINGKATAN PELAYANAN PERUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KONSUMEN

Abdurrozzaq Hasibuan (Universitas Islam Sumatera Utara Medan)
Abdul Rahman Suleman (Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan – Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengenal pelanggan sebaik mungkin mengetahui apa yang diinginkannya dan sejauh mana pelayanan yang telah diberikan sehingga muncul strategi perusahaan dalam peningkatan kualitas pelayanan yang mengarah pada reformasi bisnis di bidang industri jasa. Metode pendekatan yang digunakan adalah Dimensions of Service Quality (Zeithami, 1990). Pengambilan data dilakukan di dua kantor pelayanan yaitu Medan dan Pematang Siantar. Pengolahan data yang dilakukan adalah pembentukan segmen pelanggan berdasarkan besar tagihan (billing) dengan menggunakan metode K-Mean Cluster, pendefinisian profit pelanggan dengan menggunakan metode Crosstab, perhitungan tingkat harapan, persepsi layanan dan persepsi kualitas pelayanan dengan menggunakan Statistik Deskriptif, penentuan variabel-variabel yang diperbaiki dengan Customer. Windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah rekomendasi strategi reformasi bisnis yang mengarah pada prioritas peningkatan perbaikan variabel-variabel kualitas pelayanan yaitu surat kabar, beli kartu Hallo langsung kring, tepat jumlah tagihan, tepat waktu kirim tagihan, mudah menghubungi perusahaan, kejelasan kejernihan suara, brosur/majalah, mudah dapat info tagihan, bebas gangguan saat bicara dan menu fasilitas dalam handphone Medan sedangkan untuk P. Siantar, yang harus dibenahi adalah musik kantor, surat kabar, kejelasan kejernihan suara, luas ruangan, salam ketika bertemu dengan pelanggan, penataan ruangan, sebut nama pelanggan saat kontak, mudah menghubungi perusahaan, garansi kartu Halo, tepat waktu kirim tagihan, beli kartu Hallo langsung kring dan pilihan kalimat blocking.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

but

Publisher

Subject

Automotive Engineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Buletin Utama Teknik memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual rumpun ilmu bidang teknik. Secara garis besar topik utama yang diterbitkan adalah: Teknik Sipil Teknik Mesin Teknik Elektro Teknik Informatika Teknik Arsitektur Teknik ...