Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia
Vol. 1 (2023): Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) 20

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI BUFFER BERDASARKAN TELAAH LITERATUR

Putri Farhah Kamilah (UIN Walisongo)
Diah Inggrita (UIN Walisongo)
Sri Endah Umiyati (UIN Walisongo)
Silvia Afriyanti (UIN Walisongo)
Noor Izzatusa’adah (UIN Walisongo)
Aura Asla Nur Fajri (UIN Walisongo)
Sri Mulyanti (UIN Walisongo)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2023

Abstract

Keterampilan berpikir kritis perlu dikembangkan bagi siswa dalam pembelajaran kimia. Materi larutan penyangga yang banyak mengandung konsep abstrak sehingga membuat kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam memahaminya sehingga banyak terjadi miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa model dan media pembelajaran terhadap pemahaman siswa SMA pada materi larutan penyangga. Pada penelitian kali ini peneliti menggunakan metode studi literatur, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan dua puluh jurnal yang telah dipublikasikan lima tahun terakhir mengenai permasalahan dan penyelesaian masalah pembelajaran siswa SMA pada materi larutan penyangga. Metode serta model pembelajaran yang efektif dan dapat menurunkan miskonsepsi siswa dalam memahami larutan penyangga diantaranya dengan melakukan metode ekperimen dan multiple representasi. Dua metode ini cukup efektif untuk merumuskan dan menemukan konsep sehingga dapat menurunkan miskonsepsi pada larutan penyangga. Model pembelajaran yang dapat digunakan adalah 1) Problem based Learning 2) Predict Observe Explain 3) Guided Discovery Learning 4) Flipped Classroom. Empat model pembelajaran terbilang dapat membantu siswa dalam memahami materi larutan penyangga. Selain metode dan model pembelajaran terdapat juga media untuk menunjang proses belajar siswa. Media yang dapat digunakan siswa dalam mempelajari materi laritan penyangga adalah dengan menggunakan modul inquiri terbimbing, LKS serta penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SN

Publisher

Subject

Humanities Astronomy Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Mathematics Other

Description

Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia (OPPSI) adalah sebuah wadah publikasi seminar Nasional yang diadakan oleh Orientasi Pendidik dan Peneliti Sains Indonesia. Seminar dan publikasi prosiding dilaksanakan setiap satu tahun sekali. Informasi lengkap dapat dilihat ...