Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 4 (2022): Desember 2022

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar

I Yeni Novita Silaen (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Masni Veronika Situmorang (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)
Winarto Silaban (Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI MIPA yang masing-masing tiap kelasnya berjumlah 36 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Discovery Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa soal pre test dan post test. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata pada hasil belajar kelas eksperimen 80,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol yaitu 75,8. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang diperoleh dari hasil belajar thitung> ttabel atau 2,204 > 1,667. Kesimpulan dari penelian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar pada siswa

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Tut Wuri Handayani : Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan is a journal that contains articles on research results in the field of teacher training and education. Articles published in Tut Wuri Handayani have gone through a peer-review process, to maintain the best quality of articles in scientific ...