Sesawi: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen
Vol 5, No 1 (2023): Desember

ANALISIS PROBLEMA BELAJAR SISWA SEKOLAH UMUM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERDASARKAN PERJANJIAN LAMA DI ERA DIGITAL

Renny Tade Bengu (Sekolah Tinggi Teologi Injili Efrata Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problema belajar siswa di sekolah umum dalam perspektif Pendidikan Agama Kristen  Berdasarkan  Perjanjian Lama (PL) di era digital. Era digital membawa perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran, akses informasi, dan tantangan yang dihadapi oleh siswa. Dalam upaya menggali akar masalah problema belajar ini, penelitian ini menggunakan pendekatan Pendidikan Agama Kristen  Berdasarkan  Perjanjian Lama (PL), yang memungkinkan  untuk dapat memahami dasar-dasar pemikiran dan nilai-nilai yang mendasari sistem pendidikan saat ini.Metode penelitian yang digunakan melibatkan survei, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian mengidentifikasi beberapa faktor yang berkontribusi terhadap problema belajar, yang meliputi faktor-faktor seperti gangguan tidur, kekurangan gizi, ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, tekanan psikologis seperti stres, trauma, kelupaan, kemalasan, dan prioritas yang salah.Dalam perspektif Pendidikan Agama Kristen  Berdasarkan  Perjanjian Lama (PL), penelitian ini mengungkapkan pentingnya mempertimbangkan nilai-nilai antara lain yaitu: (1)  Sebagai pendidik harus profesional, memiliki keterbukaan dan kesediaan belajar serta sabar dan berempati; (2) Peserta didik (siswa) memiliki yang pertama sikap disiplin dan tanggung jawab, yang kedua sikap kerja sama dan yang ketiga memiliki motivasi dan kemampuan untuk belajar secara mandiri[ (3) Materi pembelajarannya yang pertama relevansi, yang kedua kemajuan, yang ketiga keanegaraman; (4) Tujuan pendidikan bukan hanya tentang pengetahuan, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan pengaruh positif dalam masyarakat[ (5) Metode pembelajarannya : (a) Fleksibilitas. Metode pembelajaran harus bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar siswa; (b) Keterlibatan aktif, Pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar akan meningkatkan pemahaman dan retensi materi; (c) Inovasi. Guru perlu mengadopsi metode pembelajaran inovatif untuk menjaga minat siswa dan relevansi materi. Hasil penelitian ini dapat memberikan panduan bagi pengambil kebijakan, guru, dan pihak terkait dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan memperhatikan dimensi perspektif Perjanjian Lama (PL) dalam pembelajaran siswa di era digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sesawi

Publisher

Subject

Religion Social Sciences

Description

SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen adalah wadah publikasi yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Sabda Agung. Jurnal ini memiliki Focus dan Scope penelitian dalam bidang: 1. Teologi Biblika (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) 2. Teologi Sistematik 3. Teologi Praktika 4. Teologi ...