Konsep Merdeka Belajar ala Nadiem Makarim menyiratkan suatu pengharapan dalam dunia pendidikan di mana terciptanya suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu. Dunia global yang saat ini sampai kepada era industri 4.0 dan era society 5.0 memunculkan dampak pada seluruh aspek kehidupan manusia termasuk dalam hal pendidikan. Merdeka belajar di Perguruan Tinggi menekankan kepada Perguruan Tinggi agar lebih otonom. Prinsipnya, dilakukan perubahan paradigma pendidikan agar kampus menjadi lebih otonom dengan kultur pembelajaran yang inovatif. Kampus Merdeka Belajar ini juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil, sesuai keinginan mereka masing masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis interkoneksi antara Kurikulum Merdeka Belajar dengan Keterampilan Abad 21 yang harus dimiliki oleh setiap pembelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data berupa data sekunder yakni dokumentasi yang bersumber dari data lembaga survei, kasus khusus dari berita terkini, dan kajian penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Merdeka Belajar dapat memperkuat kerjasama antara perguruan tinggi dan industri melalui program magang dan kerja sama pengembangan program pelatihan dan sertifikasi, Program ini dapat meningkatkan kualitas lulusan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan industri, Merdeka Belajar dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas fasilitas pendidikan terutama di daerah- daerah terpencil, Program ini dapat meningkatkan daya saing perguruan tinggi dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas.
Copyrights © 2022