Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)
Vol. 4 No. 4 (2023): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN)

Peningkatan Kompetensi Teknik Visualisasi Ruang 3D Nyata Dengan Software Virtualtour Bagi Siswa di SMKN 1 Kota Semarang

Sri Sukamta (Universitas Negeri Semarang)
Anan Nugroho (Universitas Negeri Semarang)
Tatyantoro Andrasto (Universitas Negeri Semarang)
Ulfah Mediaty Arief (Universitas Negeri Semarang)
Amalia Septiani (Universitas Negeri Semarang)
Irzhafran Ridho Pradana (Universitas Negeri Semarang)
Gandhi Satria Mukti (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat, banyak perubahan pada bidang Pendidikan. Salah satu perubahan terlihat pada bidang virtual reality yang memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan ruang 3D secara interaktif. Pengembangan desain visual 3D ini dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan sekolah kepada publik, namun dibalik itu semua diperlukan adanya kompetensi dan fasilitas yang mumpuni untuk menunjang siswa dalam mengembangkan kemampuan mereka pada teknik visualisasi ruang 3D. Kemampuan visualisasi ruang 3D yang didasari dengan pemahaman desain visual yang mencakup proporsi, pencahayaan, dan tekstur akan menghasilkan visualisasi ruang 3D yang hidup dan realistis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan virtual reality desain 3D untuk siswa/siswi jurusan Teknik Audio Video SMKN 1 Semarang sehingga menjadi sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Studi Kasus yang melibatkan permasalahan yang ada di sekolah. Guru dan peneliti bekerja sama dalam merancang pembelajaran yang efektif menggunakan virtual tour dan melakukan evaluasi berkelanjutan pada perubahan dan perbaikan yabng diperlukan. Pelaksanaan pengabdian di sekolah ini dilakukan dengan survei lapangan, penentuan spot virtual tour, pengambilan gambar panorama, dan pembuatan virtual tour dengan menggabungkan gambar-gambar panorama yang memiliki keluaran berupa website. Adapun target khusus kegiatan pengabdian adalah agar Guru dan Siswa/Siswi SMKN 1 Semarang terampil dalam pemvisualan ruang 3D dengan menggunakan software VirtualTour sebagai sarana pengenalan sekolah ke publik. Dengan dilaksanakannya pengabdian ini, siswa dapat terlibat dalam pengalaman belajar yang lebih praktis dan relevan. Mereka dapat belajar mengembangkan ketrampilan sosial, kerja sama, serta meningkatkan rasa tanggung jawab. Hasil pengabdian Masyarakat juga dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah. dengan melibatkan beberapa dosen, siswa, dan tenaga pendidik dalam proyek yang mendukung pembelajaran dan pengembangan sekolah, pengabdian ini dapat membantu sekolah dalam mencapai standar Pendidikan yang lebih tinggi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...