Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
Vol 1 No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengolahan Serealia, Kacang-kacangan dan Umbi Menjadi Makanan dan Minuman Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di Kelas VIII-8 SMP Negeri 6 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019.

Rosmaida (SMP 6 Kota Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2023

Abstract

Pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman di kelas VIII-8 SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019 dan 2) Model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan minuman di kelas VIII-8 SMP Negeri 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian Action Research (Penelitian Tindakan Kelas), subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 Aceh tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari 45% pada Pra Siklus dan meningkat menjadi 60% pada siklus I, kemudian semakin meningkat menjadi 87% pada siklus II. Aktivitas belajar siswa juga meningkat, hal ini dapat dilihat peningkatan dari 60% pada Pra Siklus, kemudian menjadi 67,50% pada siklus I dan terus meningkat menjadi 92,50% pada Siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dari praktik (model) pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan (Mahasiswa, Dosen, guru,) pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember. ...