cover
Contact Name
Nurdin Amin
Contact Email
nurdin.amin@ar-raniry.ac.id
Phone
+6285207161847
Journal Mail Official
nurdin.amin@ar-raniry.ac.id
Editorial Address
Komplek Gedung B Lantai 1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan - Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh Jl. Syeikh Abdul Rauf Darussalam Banda Aceh, 23111. Banda Aceh- Indonesia
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry
ISSN : 29886228     EISSN : 29886228     DOI : https://doi.org/10.22373/jim.v1i2.440
Core Subject : Education,
Jurnal ini berfokus pada publikasi hasil penelitian dari praktik (model) pendidikan dan pengajaran di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan (Mahasiswa, Dosen, guru,) pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti yang diterbitkan pada bulan Juni dan Desember. Artikel yang dikirimkan harus orisinal dan menarik secara edukatif bagi audiens di lapangan. Tujuannya adalah untuk menyebarluaskan konsep-konsep baru dan temuan penelitian yang dikembangkan di bidang studi ini dengan menerbitkan informasi dan diskusi ilmiah untuk mempromosikan karya mahasiswa fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry dalam memajukan pendidikan berkelanjutan kearah yang lebih baik. Artikel yang dipublikasikan berupa penelitian atau hasil kajian mahasiswa dalam berbagai bidang meliputi: 1. Pendidikan 2. Pendidikan Islam 3. Pendidikan Sains dan Teknologi 4. Teknologi Pendidikan 6. Metode dan Model pembelajaran 7. Pendidikan Sains 8. Media pembelajaran 9. Kurikulum
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 16 Documents
Penerapan Miniatur Listrik Pada Materi Komponen – Komponen Instalasi Listrik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar Radifa Ramadhani; Mawardi; Mursyidin
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.334

Abstract

Hasil observasi menunjukkan masih rendahnya hasil belajar siswa ketika diberikan tes, hal ini terlihat dari siswa tidak dapat menjawab soal yang diberikan dan tidak hadir ke sekolah ketika proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga kurang memberi kesempatan pada siswa untuk aktif mendorong kemampuannya. Pemakaian media pembelajaran berbasis miniatur sebagai media dalam kegiatan proses belajar mengajar guna mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah penerapan miniatur listrik sehingga diketahui apakah layak digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi eksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan menggunakan uji validasi, tes dan angket respon siswa dengan teknik analisis data kuantitatif. Hasil Validasi dari validator ahli media terhadap Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan penerapan miniatur listrik berdasarkan total skor dan persentase validasi dari ahli Media 1 didapatkan total skor 63 (97%) dan ahli media 2 tanggapan guru total skor 61 (94%), maka berdasarkan hasil validasi dari 2 validator keseluruhan rata-rata diperoleh persentase sebesar 95,5% dengan kategori Sangat Valid. Hasil belajar siswa kelas XI TITL terdiri dari 1 kelas, dengan nilai rata-rata pretest 79,3 Naik pada nilai rata–rata posttest sebesar 94. Hasil tes pretest dan posttest dengan uji paired sample t-test menyatakan thit > ttab (6,29 > 2,57) maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Terdapat Peningkatan perbedaan hasil belajar siswa kelas XI setelah penerapan miniatur listrik. Hasil tanggapan respon siswa terhadap penerapan miniatur instalasi listrik menunjukkan respon positif dengan 77% menjawab setuju, dengan kategori Sangat Layak.
LKPD Materi Fluida Dinamis Dikembangkan dengan Sigil Software M. Firza Duana; Sabaruddin; Jamaluddin; Nurhayati
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan LKPD dengan sigil software dengan materi fluida dinamis sehingga meniculkan E-LKPD yang layak digunakan. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan model Allesi dan Trollip. Model Alessi dan trollip terdiri dari tiga tahapan penelitian yaitu planning (perencanaan), design (perancangan), dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi alih dan dianaliss menggunakan teknik deskriptif kualitatif persentase kelayakan produk. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dengan sigil software pada materi fluida dinamis hasil pengembangannya menunjukan layak digunakan dengan skor kelayakan rata-rata 89.75% muncul pada katerogi sangat layak. Berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 93.75% dengan kategori sangat layak, dan validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 85.75% dengan kategori sangat layak. Sehingga produk E-LKPD yang dekembangkan dengan sigil software pada materi fluida dinamis sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Pemanfaatan Limbah Ampas Tebu melalui Fermentasi Menjadi Bioetanol Sebagai Energi Alrenatif Rumah Tangga Mukhlis; Fakhri Yacob; Muhammad Rafdi
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.336

Abstract

Bioetanol merupakan bahan bakar yang berbahan baku tumbuh-tumbuhan. Bahan baku untuk proses produksi bioetanol yaitu gula, pati, dan selulosa. Pembentukan senyawa Bioetanol (C2H5OH) dilakukan dengan cara proses enzimatik dan fermentasi. Tumbuhan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi seperti tebu, nira, aren, sorgum, ubi kayu, jambu mete (limbah jambu mete), garut, batang pisang, ubi jalar, jagung, bonggol jagung, jerami berpotensi menghasilkan bioetanol. Dalam penelitian ini berorientasi pada pemanfaatan limbah ampas tebu di dari dan kulit pisang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan bioetanol. Hal dikarenakan bahan tersebut memiliki kandungan selulosa yang cukup tinggi dan berpotensi sebagai energi alternatif diolah menjadi bioetanol. Bahan karbohidrat yang cukup tinggi dapat dikonversi menjadi glukosa. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi terhadap %v/v etanol yang dihasilkan ketika dilakukan penambahan ragi tape (Saccharomyces cerevisiae) pada saat fermentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pembuatan bioetanol dari limbah biomassa ampas tebu dengan variasi waktu fermentasi dan waktu hidrolisis yaitu untuk sampel ampas tebu dengan fermentasi hari ke-3 dan waktu hidrolisis 15 menit menghasilkan 4 mL destilat Bioetanol. Hari ke 5 dengan waktu hidrolisis 20 menit menghasilkan 6 mL, Pada hari ke 6 dan ke 7 dengan waktu hidrolisis 25 menit menghasilkan 10 mL Bioetanol.
Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Reality Terhadap Efektifitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Maryu Fira; Ridwan; Muhammad Rizal Fachri
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.337

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kurangnya Persediaan Peralatan Perlindungan Diri (PPE) di laboratorium untuk kursus K3. sehingga mahasiswa tidak dapat berlatih langsung bagaimana dan apa yang harus diperhatikan untuk mencegah kecelakaan kerja dan bagaimana dampak kelalaian dalam menggunakan Peralatan Perlindungan Diri (PPE). Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan penulis adalah mensimulasikan penggunaan peralatan K3 dan melakukan proses instalasi setelah menggunakan PPE sehingga jika mahasiswa melakukan kesalahan selama proses simulasi, aplikasi yang digunakan akan segera memberitahu masalah atau kesalahan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan virtual reality terhadap efektivitas pembelajaran mahasiswa, tentu saja mahasiswa yang mengambil kursus K3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis virtual reality ini adalah media pembelajaran yang menarik sehingga 76% mahasiswa menyukai media pembelajaran tersebut, dan berdasarkan hasil validasi media itu sendiri, media ini mendapatkan 81% sehingga dapat dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Jadi berdasarkan hasil yang telah diperoleh, media pembelajaran ini cocok untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Animasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fera Annisa; Hidayat; Soewarno
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.338

Abstract

Indikator pembelajaran yang berkualitas salah satunya dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai siswa. Efektivitas media Pembelajaran dapat menumbuhkan semangat belajar siswa, membuat suasana belajar lebih menyenangkan sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil belajarnya. Salah satu media pembelajaran yang efektif adalah media berbasis animasi. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimen. Desain penelitian pre eksperiment one group pre-test post-test. Populasi penelitian 25 siswa dan sampel 25 siswa yang diambil dengan teknik total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes. Pengumpulan data menggunakan Tes. Analisa data menggunakan rumus distribusi frekuensi dan penentuan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa terhadap efektivitas media pembelajaran berbasis animasi dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,3 artinya tergolong dalam kategori sedang.
A Qualitative Research On English Speaking Programs At Islamic Boarding School Amiruddin; Fitriah; Macksalmina Mulya
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.340

Abstract

The purpose of this study is to identify students’ perception toward English speaking program, namely conversation and to find out the purpose of the programs implementation. Qualitative research method was used. Fifty students of two classes from the third grade were purposively taken for the sample of this study. To answer the research question” what are the students’ perception toward Islamic Boarding School speaking programs in improving their speaking skills ?” questionnaires were distributed to know the students’ perception the implemented speaking program. After collecting the data, the results of this study shows that the students had many kinds of perception toward the implemented speaking program. Fifty students had different points of view on the speaking activities that they participated. In this regard, most of students agreed that conversation activities improved their speaking skills and gave them a lot of benefit s in their learning even though a few number of them disagreed. Generally, the purpose of speaking programs are: (a) to familiarize students to speak English, (b) to train students to speak fluently and confidently, (c) to give chance to students to practice speaking and (4) to create a good environment learning speaking in the target language.
Konsep Humanistik Dalam Pendidikan Akhlak Mashuri; Wanty Khaira; Azharuddin
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.349

Abstract

Artikel ini membahas tentang konsep humanistic dalam pendidikan akhlak. Akhlak merupakan salah satu dari tiga kerangka dasar ajaran Islam yang memiliki kedudukan yang sangat penting, di samping dua kerangka dasar lainnya, yakni aqidah dan syariah. Akhlak yang terpuji merupakan buah yang dihasilkan dari proses penerapan aqidah dan syariah. Ibarat bangunan, akhlak merupakan kesempurnaan dari bangunan tersebut setelah fondasi dan bangunannya kokoh. Namun, terkadang fakta tidak sejalan dengan teori yang ada. Pada kenyataannya yang terjadi sekarang masih banyak siswa yang berakhlak tidak baik, seperti berkata kasar pada guru, duduk diatas meja pada saat guru sedang menjelaskan pelajaran, berkelahi di dalam kelas dengan temannya pada saat guru di kelas, tidak memperhatikan pelajaran yang diajarkan oleh guru dan membolos pada saat jam pelajaran berlangsung, mereka tidak lagi mengganggap bahwa guru adalah orang yang harus mereka hormati. Dalam kasus ini kedudukan humanistik dianggap berperan penting dalam pendidikan akhlak anak, sesuai dengan tujuan dari pendidikan humanistik.Tujuan pendidikan humanistik adalah untuk memanusiakan manusia
Dewey’s Philosophy and Thoughts An analysis of the Compatible Applied on Islamic Education Chamisah
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.355

Abstract

The study's objective is to analyze the philosophy of John Dewey and its potential application in Islamic education. It aims to explore whether Dewey's ideas, which emphasize the role of experience in shaping human ideals and concepts, can harmonize with the Islamic philosophy of education, centered on the integration of senses, intellect, and religious faith to realize human values. The study will evaluate the compatibility of Dewey's emphasis on critical thinking and personal autonomy with Islamic teachings, which also recognize the significance of knowledge, science, and progress in improving human life. Wherever any ideas are found to be incompatible with Islamic education, the study will provide suggestions on how to improve or replace them to maintain the alignment with Islamic principles. Ultimately, the goal is to enrich Islamic education through a nuanced understanding of Dewey's philosophy and identify ways to bridge the gap between the two educational approaches, fostering a better human existence through continuous engagement and transformation of reality.
Etnosains Strategi Pembelajaran Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal Amna Emda
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.363

Abstract

Pembelajaran sains tidak hanya terpaku pada materi ilmiah yang ada pada buku sebagai sumber belajar. Budaya dan kearifan lokal yang ada di daerah dapat digunakan sebagai objek dan media pembelajaran. Keragaman budaya dan sumber daya alam merupakan kekayaan alam Indonesia yang dapat digunakan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran sains. Dalam bidang pendidikan kearifan lokal dapat membantu peserta didik dalam memahami materi yang bersifat ilmiah. Guru dapat memanfaatkan kekayaan budaya daerah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dan sekaligus memperkenalkan budaya dan kearifan lokal yang ada.
Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al - Qur’an Hadist Kelas VII MTsS samahani Kabupaten Aceh Besar Aisyah Idris; Nurbayani; Maysyurah Turiza
JURNAL ILMIAH MAHASISWA Vol 1 No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22373/jim.v1i1.364

Abstract

Hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik masih tergolong rendah. faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan belajar yang dialami peserta didik beserta dengan faktor penyebabnya. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri atas tiga langkah kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu : 1) Kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist terdapat beberapa macam, diantaranya yaitu: pertama, peserta didik mengalami kesulitan membaca Al-Qur’an yang disebabkan karena siswa belum memahami secara keseluruhan tentang huruf hijaiyah, kesulitan pengucapan huruf hijaiyah sesuai dengan makhraj yang benar, dan kesulitan dalam penerapan tajwid atau hukum-hukum bacaan. Kedua, siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menghafal ayat Al-Qur’an dan Hadist beserta isi kandungannya. Kesulitan ini dialami siswa karena kurangnya kemampuan siswa dalam memahami dan menghafalkan bacaan Al-Qur’an dan Hadist. 2) Faktor-faktor penyebab peserta didik kesulitan belajar pada pelajaran Al-Qur’an Hadist diantaranya yaitu kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, kurang dan lemahnya kemampuan siswa dalam membaca dan mengingat, kurangnya perhatian orang tua, kurangnya kemampuan guru dalam menyajikan proses pembelajaran, dan minimnya sarana dan prasarana yang disediakan oleh sekolah.

Page 1 of 2 | Total Record : 16