Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL

POTENSI SAMPAH YANG BERNILAI EKONOMI DARI TIMBULAN SAMPAH FASIITAS UMUM DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA MENGGUNAKAN METODE LIFE CYCLE ASSESSMENT (LCA)

Eldifa Auliaputri Kustiawan (Universitas Mulawarman)
Fahrizal Adnan (Universitas Mulawarman)
Abdul Kahar (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Pada tahun 2021, penduduk di Kabupaten Kutai Kartanegara mencapai 729.382 jiwa. Pesatnya perkembangan penduduk menyebabkan besarnya timbulan sampah yang masuk ke TPA. Salah satu sumber sampah di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah fasilitas umum. Dalam UU No. 18 tahun 2008 terdapat gagasan bahwa pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang atau digunakan kembali memiliki nilai ekonomi. Untuk mengetahui potensi sampah bernilai ekonomi tersebut dapat dilakukan menggunakan Life Cycle Assessment (LCA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui timbulan dan komposisi sampah fasilitas umum serta mengetahui potensi dan nilai ekonomi sampah fasilitas umum. Penelitian ini menggunakan metode LCA terdiri atas 4 tahapan, Goal and Scope, Inventory analysis, Impact Assessment dan Interpretation untuk mengetahui potensi sampah bernilai ekonomi dari timbulan sampah fasilitas umum. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil rata-rata timbulan sampah 0,9662 kg/m2/hari dan rata-rata volume sampah 0,3751 liter/m2/hari dengan komposisi sampah 3 terbesar yaitu sampah makanan 34,2%; plastik tidak bernilai ekonomi 19,8%; kertas lainnya 16,5%. Berdasarkan analisis menggunakan metode life cycle assessment besaran dampak ekonomi dari timbulan dan komposisi sampah fasilitas umum yang bernilai ekonomi di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah Rp. 24.985/hari; Rp. 749.535/bulan; Rp. 9.119.346/tahun. Sampah yang dimanfaatkan sebesar 338,118 kg dan sampah yang masuk ke TPA sebesar 12,484 kg.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TL

Publisher

Subject

Engineering Environmental Science Other

Description

The Jurnal Teknologi Lingkungan UNMUL explores innovative solutions to problems in air, water, and soil contamination, along with solid waste disposal, with coverage of environmental science, environmental risk assessment and management, environmental technology, and environmental policy. The Jurnal ...