Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru PAI dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada tingkat sekolah menengah atas/MA; 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung penanaman sikap moderasi beragama di MA AL-IRSYAD Gunungjati Pagedongan Banjarnegara; 3) untuk mengetahui respon siswa dalam penanaman sikap moderasi beragama di MA AL-IRSYAD Gunungjati Pagedongan Banjarnegara.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berkaitan dengan moderasi beragama). Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) upaya guru PAI dalam menanamkan sikap moderasi beragama bermacam-macam dan tidak hanya guru PAI yang melaksanakan penanaman sikap moderasi beragama tersebut pada siswa melainkan semua warga sekolah juga turut andil; 2) faktor penghambat pada penanaman sikap moderasi beragama yang masih beberapa belum teratasi dan faktor pendukung yang memudahkan guru dalam menanamkan sikap moderasi beragama pada siswa; 3) respon siswa yang sudah terlihat dapat memahami dan menerapkan sikap moderasi beragama, dan memiliki antusian dalam mengikuti berbagai seminar atau sosialisasi tentang moderasi beragama serta lomba-lomba tentang moderasi beragama
Copyrights © 2023