cover
Contact Name
Fatiatun
Contact Email
fatia@unsiq.ac.id
Phone
+6285329632436
Journal Mail Official
alphateach@unsiq.ac.id
Editorial Address
Kalibeber, RT 03/RW 01, Kec. Mojotengah, Kab. Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
ISSN : -     EISSN : 2809462X     DOI : https://doi.org/10.32699/alphateach.v3i2
Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan Islam
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP PRESTASI SISWA Rafidha Mustafa
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 1 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i1.2219

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah mengetahui seberapa banyak pengaruh dampak covid 19 dalam belajar Online Tentang hasil prestasi siswa 5 dan 6. Juga untuk mengetahui beberapa hambatan dan kendala yang dilalui oleh beberapa guru maupun murid ketika melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online/daring selama pandemi. Responden merupakan siswa kelas 5 dan 6 karena mereka sudah lebih menguasai penggunaan internet dan android, kemudian juga 90% dari mereka yang sudah terfasilitasi oleh orang tua merek android pribasi. Dalam penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data ini dikumpulkan melalui wawancara oleh guru sebagai data pendukung dan juga dilakukan dengan pengisian kuesioner oleh siswa. Dilakukan Uji ini untuk mencari seberapa banyak pengaruh pembelajaran yang dilakukan secara online terhadap prestasi siswa. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dengan online dapat mengatasi pembelajaran atau juga menjadi penolong dunia pendidikan di masa pandemi Covid 19 ini. Menurut survei para guru wali kelas prestasi belajar siswa mengalami penurunan dan sanggat tidak stabil walaupun pembelajaran dilakukan dengan daring.
IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI SD DI KECAMATAN LEKSONO KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2017 rifqi muntaqo
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 1 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i1.2220

Abstract

Academic Supervision is a series of activities to assist teachers in developing their ability to manage the learning process to achieve learning objectives. Academic Supervision Implementation is needed to increase pedagogic competence of PAI SD teacher. The purpose of this research is to know how planning, implementation, evaluation, follow up and factors influencing academic supervision in improving pedagogic competence of teacher of PAI SD. The analysis used in this research is descriptive qualitative analysis. From the data analysis, it is known that academic supervision planning in improving pedagogic competence of PAI SD teachers in Leksono district of Wonosobo district is quite good, its implementation uses group and individual supervision technique and direct, indirect and collaborative approach implemented by principal and supervisor of PAI SD , evaluation and follow-up with assessment, analysis, guidance and suggestion, as well as the factors that influence them are the intensity of supervisor and principal in supervising PAI SD teacher in Leksono sub-district, Wonosobo district
IMPLEMENTASI PROGRAM PENDAMPINGAN BELAJAR DIMASA PANDEMI BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI BALAI YATIH HJ. MARYAM Septi Halwa Annada
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 1 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i1.2222

Abstract

Currently, Indonesia has been hit by the corona virus since early 2020. This has an impact on several sectors of Indonesian stability, one of which is the education factor. Education that was originally carried out in schools face-to-face and interacting directly is now limited and carried out at home online. From this background the question arises how effective the implementation of teaching and learning is done at home or done online. In this study, the researcher uses a qualitative research method with the Participation Action Method approach which is a research model that is looking for something to link the research process into the process of social change. From the results of research conducted by researchers, it was found that learning carried out at home was considered less effective because elementary school students who were at Balai Yatim Hj. boredom experienced by students with learning at home.
PENDAMPINGAN BELAJAR MENGAJI DAN PENDIDIKAN SEKOLAH BAGI ANAK ANAK SAAT PANDEMI COVID-19 DI DESA KESENENG, MOJOTENGAH, WONOSOBO Rochmat Arifin
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 1 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i1.2223

Abstract

The Corona COVID 19 virus is currently sweeping the world, Corona virus is a large family of viruses that cause disease in humans and animals. In humans, it usually causes respiratory tract infections, from the common cold to serious diseases such as Middle East Respiratory Syndrome (MERS) and Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). In fact, the spread is also very fast. The Covid-19 pandemic affects all activities of human life starting from sports activities, offices, even to transcendental relationships for all religions in the world, including in the field of education. Educational activities that are closely related to interactions that involve many people; educators with students in a learning environment directly face to face. Due to the covid-19 pandemic, interaction has been immediately stopped (social distancing) and replaced with distance learning activities (online) by utilizing internet media. Because distance learning (online) has been going on for quite a long time, it makes children or students like elementary school children learning difficulties and they feel bored. Even the parents of the parents have started to have difficulties because it is not uncommon for the parents to not understand their children's learning materials. In addition, of course, many parents are busy working. With the learning assistance, it is hoped that it will be able to help children in learning and lighten the burden on parents.
MENGAJI TILAWATI DI ERA PANDEMI DI TPQ SABILUNNAJAH DESA KESENENG KECAMATAN MOJOTENGAH Miftakhul Fajrin; M Yusuf Amin Nugroho
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 1 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i1.2224

Abstract

Al-Qur'an is sustainable until the Day of Resurrection, as well as learning the Qur'an must be endeavored to sustainably be given to mankind regardless of the circumstances, including the Covid-19 pandemic situation. This paper aims to analyze the learning of the Qur'an in the Covid-19 era in keseneng mojotengah, Wonosobo. The formulation of this study focuses on discussing how the learning method of the Qur'an in the Covid-19 era in gesing, Southeast Aceh, the objectives of learning the Koran are still prioritized in the Covid-19 era and the learning objectives of the Qur'an are given to anyone.
PERAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM Rindi Antika; iskandar Husen; Salis Irvan Fuadi
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i2.2415

Abstract

Peranan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayan Islam Kelas X Di Man 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021”.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui Penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar dengan penerapan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021, 3) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan yang tidak menerapkan Multimedia Pembelajaran Interaktif pada pembelajaran SKI kelas X di MAN 2 Wonosobo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan model metode Nounquivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Wonosobo, sehingga sample penelitiannya yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 25 siswa dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 21 siswa. Sampel dipilih dengan teknik random sampling yaitu Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajran interaktif meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan pada mata pelajaran SKI kelas X. Hal ini diketahui dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada variabel prestasi belajar diperoleh t hitung sebesar 5,64. Hasil tersebut dibandingkan dengan t tabel dengan dk 44 pada taraf signifikansi 5 % (2,015) dan 1% (2,692) sehingga diketahui baik pada variabel prestasi belajar sehingga hipotesis yang diajukan yaitu “Ada peningkatan multimedia pembelajaran interaktif terhadap prestasi belajar siswa” dapat diterima.
IMPLEMENTASI METODE BANDONGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING (STUDI KASUS DI BLOK C2 PUTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH KALIBEBER WONOSOBO) Fitri Dwi Ramadhani; Noor Aziz; Muhammad Saefullah
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i2.2721

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih terdapat santri yang masih kesulitan dalam belajar metode bandongan di dalam proses pembelajaran kitab kuning, kurangnya pemahaman santri terhadap pembelajaran kitab kuning. Pembelajaran metode bandongan adalah proses belajar mengajar yang menggunakan metode bandongan sebagai bahan ajarnya. Beberapa tujuan dari penelitian ini adalah 1) penerapan metode bandongan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo, 2) Penerapan proses pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Wonosobo. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannya kualitatif dan observasi partisipatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data di peroleh dari data primer & sekunder. Adapun teknik analisis data tersebut dapat diperoleh dari 1) pengumpulan data dilakuakn mealui wawancara, observasi, maupun dokumentasi untuk memperoleh data yang lengkap, peneliti mencatat data yang diperoleh dari kegiatan observasi atau pengamatan keadaan pengurus maupun santri. 2) reduksi Data memilih data yang berisi hal pokok sesuai dengan fokus penelitian. 3) penyajian data yang sudah di reduksi, penyajian data bisa dilakukan berupa uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori, flowchart dan sejenisnya. 4) verifikasi data penarikan kesimpulan dari data-data yang telah dikumpulkan guna menjawab rumusan masalah yang sudah dirumuskan sejak awal. Hasil nya dalam mencapai tujuan pembelajaran maupun dalam memberikan manfaat kepada masyarakat. Implementasi metode bandongan dimana santri mendengarkan, memahami, menulis yang sudah dijelaskan kepada ustadzah dengan baik. Serta santri dapat mengembangkan pola pikir tentang materi yang disampaikan dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bermasyarakat. Proses pembelajaran tersebut bertujuan untuk merancang dan mengarahkan agar santri mampu memahami isi kandungan materi yang sedang dipelajarindi pondok pesantren. Setelah mampu menguasai diharapkan santri bisa menerapkan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Proses pembelajaran ini juga membuat santri untuk terus belajar kitab kuning dan musyawarah dengan santri yang lain.
Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Dengan Metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo Mariatul Qiftia; mukromin mukromin; zhul fahmi hasani
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i2.2722

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah, untuk mengetahui pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Subjek awal di dalam penelitian ini adalah santri baru Blok F Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah yang berjumlah 20 orang. Adapun teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil didalam penelitian menunjukkan implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah menerapkan dua sistem pembelajaran, yaitu: klasikal dan individual. Kemudian teknik evaluasi pembelajaran ini dengan menggunakan dua cara yaitu evaluasi harian dan evaluasi kenaikan jilid. Adapun faktor Pendukung implementasi pembelajaran ilmu tajwid dengan metode Iqra’ di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah adalah adanya ustadzah yang sudah memiliki syahadah, pembelajaran yang bertahap, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat implementasi pembelajaran ilmu tajwid ini yaitu didalam penggunaan waktu yang terlalu singkat, ada kegiatan lain yang menjadikan pembelajaran diliburkan, dan kurangnya pemahamanorang tua mengenai pembelajaran ilmu tajwid.
KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF SYEKH BURHANUDDIN AZ ZARNUJI DALAM KITAB TA'LIM MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM SAAT INI fuad fatkhurrozi; Ngarifin Shidiq; Siti Lailiyah
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i2.2772

Abstract

Dalam menciptakan kesejahteraan secara lahiriyah maupun batiniyah didalam sebuah kehidupan diperlukannya suatu pendidikan karakter yang seimbang dan harmonis. Sehingga dalam hal ini pendidikan karakter mendapatkan perhatian khusus dari seorang ulama besar yaitu syeh Burhanudin Az-Zamuji yang dijelaskan dalam sebuah karya terbaiknya yaitu kitab Ta’līm al-Muta’allim. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan karakter perseptif Syeh Burhanudin Az-Zamuji yang dijelasakan dalam kitabnya yaitu kitab Ta’līm al-Muta’allim, dan bagaimana cara relevansinya dalam pendidikan Islam saat ini. Penelitian ini bersifat kepustaakan. Adapaun data sekunder dan perimer yang diperoleh dengan melalui penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan edukatif dan historis. Sedangkan untuk analis datanya menggunakan Content Analysis secara deskriptif. Dalam penelitian ini meneumkan bahwa konsep pendidikan karakter yang dijelaskan dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim terdapat beberapa point diantaranya: dasar utama pada suatu pendidikan menekan pada nilai adabiyah baik secara lahiriyah mapun batiniyah. Dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim menjelaskan bahwa hal yang paling penting dalam dunia pendidikan adalah transfer nilai adabiyah. Bukan hanya mengedepankan ilmu pengetahuan dan keterampilan, tetapi yang paling terpenting adalah nilai adabiyah. Selanjutnya adalah metode penting dalam pembentukan karakter yaitu meliputi adab batin dan lahir. Metode yang pertama yaitu memberikan nasihat, untuk selalu saling mengingatkan, dan pembentukan pada sebuah mental. Dalam metode tersebut lebih menekankan pada sebuah aspek nilai, wara, istifadah dan juga tawakal. Dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim dijelaskan bahwa keberhasilan peserta didik terletak pada niat seseorang dalam belajar. Adapun tujuan dari sebuah pendidikan menurut Islam yakni membuat manusia menjadi lebih baik, sebagaimana dijelaskan oleh paa ulama termasuk Az-Zamuji. Menurut Az-Zamuji macam-macam pendidikan karakter dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim lebih cenderung kepada pendidikan tasawuf yaitu taubah, zuhud, sabar, tawaka;, tawadhu dan wara. Penerapan konsep pendidikan karakter yang dijelaskan dalam kitab Ta’līm al-Muta’allim dengan khazanah pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu menjadi manusia yang mempunyai perilaku dan sifat yang lebih baik berdasarkan pandangan Islam, yaitu dengan memiliki sikap ta’dzimatau sopan santun terhadap guru, orang tua, dan ataupun orang yang secara usia diatas atau dibawah usainya.
Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SDN 1 Tempursari Dengan Metode Suku Kata Nuri Dwi Hikhmawati; Abdul Majid; Ali Imron
Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan dan Keguruan) Vol 1 No 2 (2021): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Publisher : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32699/alphateach.v1i2.3050

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 2) mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo; 3) mengetahui penggunaan metode suku kata dalam meningkatakan kemampuan membaca siswa kelas 1 SDN 1 Tempursari Sapuran Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas (PTK) Pengumpulan data yang digunakan yaitu: Observasi, wawancara, dokumentasi, Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, pada pra siklus kemampuan membaca siswa kelas 1 masih rendah, dari 23 siswa ada 8 siswa yang mampu membaca, terbilang 34,8% dan siswa yang belum mampu membaca ada 15 siswa, terbilang 65,2%, setelah peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada tahap siklus I membaca dengan penggunaan metode suku kata ada peningkatan yaitu terdapat 12 siswa yang mampu membaca, namun tetap belum memenuhi kriteria ketercapaian sehingga peneliti melakuakan tindakan perbaikan pada siklus ke II dan mengalami peningkatan, terdapat 19 siswa yang mampu membaca, terbilang 82,6%, sehingga penelitian dinyatakan berhasil karena telah melampaui indikator ketercapain yaitu 80%.

Page 1 of 4 | Total Record : 40