Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 6, No 3 (2023): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Model Pembelajaran PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Perkuliahan Pengembangan Pembelajaran Tematik

Neza Agusdianita (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Model pembelajaran PjBL merupakan model pembelajaran yang  memusatkan mahasiswa pada suatu proyek. Tujuan dari artikel ini adalah mengkaji literatur mengenai model pembelajaran PjBL dalam upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode yang digunakan adalah analisis kajian literatur. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahapan dalam membuat literatur review, yaitu (1) memilih topik yang akan direview, (2) melacak dan memilih artikel yang cocok/relevan, (3) melakukan analisis dan sintesis literatur dan (4) mengorganisasi penulisan review. Hasil penelitian ini adalah kajian literatur mengenai model PjBL. Langkah-langkah model PjBL adalah sebagai berikut: (1) penentuan pertanyaan mendasar (start with the essential question), (2) mendesain perencanaan proyek (design a plan for the project), (3) menyusun jadwal (create a schedule), (4) memonitor siswa dan kemajuan proyek (monitor the students and the progress of the project), (5) menguji hasil (assess the outcome) dan (6) mengevaluasi pengalaman (evaluate the experience). Hasil belajar mahasiswa dinilai dari proyek yang mereka kerjakan. Dengan diterapkan model PjBL pada perkuliahan pengembangan pembelajaran tematik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Simpulan dari penelitian ini adalah model PjBL sangat relevan diterapkan pada mata kuliah pengembangan pembelajaran tematik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...