Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama
Vol. 1 No. 1 (2023): Januari: Jurnal Teologi Injili dan Pendidikan Agama

Peran Guru Pak Dalam Penerapan Literasi Baca Tulis Di SDTK PNIEL

Deritno Deritno (Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar Jakarta (SETIA) Jakarta)
Yane Henderina Keluanan (Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan literasi membaca menulis pada nara didiknya. Pada bagian ini guru dituntut untuk membuat nara didiknya dapat membaca dan menulis dengan baik, akan tetapi kebanyakan siswa yang menganggap renda bahkan tidak membudidayakan hal tersebut yang di lakukan oleg guru. Selain itu, kemampuan literasi baca tulis siswa di SDTK Pniel masih tergolong rendah. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Menurut Sugiyono Penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang alami. Literasi baca tulis sangat di perlukan untuk mengembangkan keterampilan berdasarkan 4 kompetensi dalam pendidikan. Literasi baca tulis merupakan bagian keterampilan yang paling penting di miliki siswa untuk memperoleh keterampilan lainnya. Setiap siswa harus mampuh mengembangkan keterampilanya. Kesimpulan : Literasi baca tulis memiliki kedudukan, fungsi, dan peran sangat mendasar dan utama. Dengan demikian literasi ini tidak hanya mendasari makna keseluruhan jenis literasi yang ada sekarang, tetapi juga menjadi tiang pokok dan landasan penguasaan kemampuan literasi lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jutipa

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Pendidikan Kristen Pastoral dan Konseling Kepemimpinan Misiologi Sejarah Gereja Homiletika Hermeneutika Biblika Sistematika Musik ...