Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 5 No. 1 (2024): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Indeks Pembangunan Manusia dengan Belanja Modal Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Pemerintah Daerah Kabupaten Nganjuk)

Dwi Anitasari (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Niniek Imaningsih (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Pembangunan adalah alat untuk membantu kita berhasil dalam pembangunan bangsa. Indeks Pembangunan Manusia mengukur seberapa baik suatu negara mengembangkan populasinya dalam hal pendapatan, kesehatan, dan pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh indikator pembangunan manusia terhadap pendapatan daerah, pertumbuhan ekonomi dan modal belanja di daerah dari tahun 2010-2021 di Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel survei yaitu Kabupaten Nganjuk tahun 2010-2021. Data survei merupakan data sekunder yang diperoleh dari website Badan Pusat Statistik Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan Path Analyst. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM. 2) Pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh terhadap IPM. 3) Belanja modal tidak berpengaruh terhadap IPM. 4) PAD berpengaruh positif dan signifikan terhadap IPM melalui modal belanja. 5) Pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal tidak berpengaruh terhadap IPM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...