Latar belakang penelitian ini adalah suatu kendala yang dialami siswa dalam membaca pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas 1 pada saat membaca. Adapun penelitian yang digunakan oleh seorang peneliti yaitu studi kasus. Informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Guru kelas 1, Siswa kelas 1 sebanyak 12 orang yang dimana laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kunci dalam Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara, kamera, dan catatan lapangan. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang telah diperoleh oleh peneliti lalu dilakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan model miles and Huberman, yaitu Reduksi data, Display data dan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik perbandingan (Triangulasi). Setelah melakukan keabsahan data maka diperoleh Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan daya ingat siswa saat membaca yang lemah, siswa sulit dalam membedakan beberapa huruf, kurangnya konsentrasi siswa dalam membaca, motivasi belajar rendah siswa pada saat membaca,siswa terpengaruh oleh teman-temannya, serta kurangnya dorongan orang tua dalam membantu anaknya untuk belajar membaca.
Copyrights © 2023