cover
Contact Name
Konradus Silvester Jenahut
Contact Email
ejurnal.sibernetik@gmail.com
Phone
+6282213331314
Journal Mail Official
ejurnal.sibernetik@gmail.com
Editorial Address
Jln. Veteran No. 1-3 Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima Kota Kupang - Provinsi Nusa Tenggara Timur
Location
Kab. kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Published by Universitas San Pedro
ISSN : 29880858     EISSN : 29880823     DOI : https://doi.org/10.59632
Core Subject : Education,
Fokus dan ruang lingkup SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran terkait dengan isu-isu yang relevan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran untuk semua jenjang pendidikan yang meliputi: Teori pendidikan dan pembelajaran, Filosofi pendidikan dan pembelajaran, Teknologi pendidikan dan pembelajaran, Kurikulum pendidikan dan pembelajaran, Media pendidikan dan pembelajaran, Kebijakan pendidikan dan pembelajaran, Metode dan strategi pembelajaran, Evaluasi pendidikan, Manajemen pendidikan, Inovasi pendidikan dan pembelajaran, Pendidikan formal, Pendidikan informal, Pendidikan non formal, Pendidikan inklusi, dan Asesmen pembelajaran.
Articles 24 Documents
Strategi Guru Mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMPN 2 Pekalongan Ana Chonitsa; Jasmin Idaningrum; Zulaifa Afifah
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.8

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi yang digunakan guru SMP Negeri 2 Kajen Pekalongan untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa SMPN 2 Kajen merupakan salah satu sekolah yang telah menerapkan profil pelajar Pancasila. Implementasi yang dilakukan oleh SMP N 2 Kajen Pekalongan melalui pembelajaran didalam dan diluar Kelas. Terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan profil pelajar pancasila yakni tantangan karakter kepribadian siswa yang berbeda, perkembangan teknologi dalam pembelajaran, dan pengaruh lingkungan lebih dominan pada siswa. Oleh karena itu sekolah membutuhkan strategi guru untuk mengimplementasikan profil pelajar Pancasila. Strategi guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila merupakan rangkaian tindakan yang dilakukan oleh guru untuk menghadapi tantangan dalam mengimplementasi karakter pelajar pancasila. Strategi guru SMPN 2 Kajen Pekalongan dalam mengimplementasikan profil pelajar ancasila telah mengembangan dua model pembelajaran yaitu strategi guru dalam pembelajaran dan strategi guru dalam persiapan mengajar.
Dampak Kebiasaan Menyontek Bagi Perkembangan Karakter dan Proses Belajar Siswa SD/MI Prischa Cahyani Putri; Safrizal Safrizal
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.10

Abstract

Penelitian ini bermula dari maraknya kebiasaan menyontek bagi para pelajar, Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dampak dari kebiasaan menyontek bagi perkembangan karakter dan proses belajar siswa SD/MI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu wali kelas kelas 2 dan wali kelas kelas 4 SD X Batusangkar. Instrumen dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri namun dalam proses penelitian peneliti menggunakan alat bantu dengan pedoman wawancara, kamera,perekam suara dan juga catatan lapangan. Proses pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan observasi, mengamati proses pembelajaran di kelas, wawancara dan tak lupa dokumentasi. Peneliti memperoleh data informasi dengan cara analisis data menggunakan model miles dan huberman, yaitu reduksi data display data dan kesimpulan. Demi menghasilkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebiasaan menyontek sangat berpengaruh terhadap perkembangan karakter siswa dan proses belajar siswa di SD/MI, tingkat kemalasan siswa dalam belajar menjadi meningkat, siswa tidak biasa untuk berpikir kritis dan siswa akan terus merasa tidak percaya dengan dirinya sendiri.
Analisis Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus di SDN 10 Kota Solok) Nisa Gusrianti; Safrizal Safrizal
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.11

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah suatu kendala yang dialami siswa dalam membaca pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas 1 pada saat membaca. Adapun penelitian yang digunakan oleh seorang peneliti yaitu studi kasus. Informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah Guru kelas 1, Siswa kelas 1 sebanyak 12 orang yang dimana laki-laki berjumlah 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kunci dalam Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, dengan menggunakan alat bantu berupa pedoman wawancara, kamera, dan catatan lapangan. Pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil data yang telah diperoleh oleh peneliti lalu dilakukan analisis terlebih dahulu dengan menggunakan model miles and Huberman, yaitu Reduksi data, Display data dan Kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik perbandingan (Triangulasi). Setelah melakukan keabsahan data maka diperoleh Hasil penelitian yang menunjukkan kemampuan daya ingat siswa saat membaca yang lemah, siswa sulit dalam membedakan beberapa huruf, kurangnya konsentrasi siswa dalam membaca, motivasi belajar rendah siswa pada saat membaca,siswa terpengaruh oleh teman-temannya, serta kurangnya dorongan orang tua dalam membantu anaknya untuk belajar membaca.
Dampak Perilaku Disruptif Siswa terhadap Kekondusifan Kelas IV Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar Shela Antika; Yufi Latmini Lasari; Gustina Gustina
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.12

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Perngumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara, dan observasi. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SD ini bertujuan untuk menganalisis dampak prilaku disruptif siswa terhadap kekondusifan kelas. Prilaku disruptif merupakan prilaku menyimpang seperti ribut pada saat jam pembelajaran, bermain dengan teman, mengganggu trman yang sedang fokus mengikuti pembelajaran dan lalai dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru. Penyebabnya faktor psikologis pada anak, kurang perhatian dan motivasi yang diberikan guru, guru kurang adil terhadap siswa didalam kelas misalnya membeda-bedakan antara anak yang pintar dan anak yang kurang mengerti dalam pembelajaran, pola asuh orangtua yang tidak konsisten sehingga disekolah anak berprilaku disruptif dan sebagainya.
Keterampilan Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 3 Aceh Barat Shinta Agustira; Farah Sumaiyah; Rina Rahmi
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.13

Abstract

Keterampilan guru dalam mengontrol kelas dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dilakukan. Dalam penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada keterampilan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di MIN 3 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data diolah melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelittian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui berdasarkan cara guru dalam menyajikan pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pengelolaan kelas yang baik.
Strategi Pendidikan Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Peserta Didik Riyanto Riyanto
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.17

Abstract

Pendidikan adalah sebuah jalan terang untuk memuaskan rasa keingintahuan dalam benak manusia. Pendidikan literasi yang baik adalah mampu menyediakan beragam bahan bacaan sehingga mampu meningkatkan kemampuan Critical Thinking dari peserta didik. Berpikir kritis adalah kemampuan yang dibutuhkan untuk memecahkan permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu berpikir kritis dalam dunia pendidikan atau akademisi sangat diperlukan untuk memahami dan memecahkan materi dan soal-soal pelajaran. Penelitian ini memiliki target untuk mengetahui bagaimana strategi pendidikan literasi di lembaga sekolah?, dan bagaimana literasi dapat meningkatkan kemampuan kemampuan critical thinking peserta didik?. Penelitian kualitatif dipilih sebagai metode penelitian karena metode ini akan berusaha memaparkan data secara naratif dengan kata-kata dari sumber lapangan dan hasil penelitian.
Urgensial Filsafat, Kode Etik dan Profesionalisme Guru di Kalimantan Tengah Nava; Meri Riska; Nur Liansih; Lukas; Novia Gustina; Alfonso Munte
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan kode etik sekolah dan bagaimana kode etik sekolah bisa meningkatkan profesionalitas dalam pembelajaran melalui narasi-narasi subjek. Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif dengan teknik wawancara melalui kepala sekolah dan guru-guru di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 7 Palangka Raya dan Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Jangkang, Palangka Raya. Penelitian berlangsung pada tanggal 24 September 2022. Selain itu, penelitian ini ditindaklanjuti melalui studi refleksi filosofis sebagai landasan teori atas kehadiran profesionalitas guru di daerah sebagai guru yang beradaptasi dengan budaya dan perkembangan kemajuan pendidikan secara berkelanjutan. Hasil penelitian peneliti menunjukkan adanya dinamisasi praksis antara kode etik dan praksis di lapangan, khususnya dalam konteks PAK di Palangka Raya. Dinamisasi tersebut semakin dikuatkan melalui refleksi filosofi pendidikan sebagai sebuah teori atas pembelajaran secara berkelanjutan berdasar konteks lokal.
Regulasi Diri Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an dalam Menjaga Kualitas Hafalan Al-Qur’an di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan Lina Farah Intan Sari Sari
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.19

Abstract

Mahasiswa penghafal Al-Qur'an mempunyai peran ganda dalam dunia perkuliahan yakni peran menjaga hafalan Al-Quran dan juga peran menjaga prestasi akademiknya. Oleh karena itu kontrol diri dan manajemen waktu sangat diperlukan mahasiswa agar memiliki keseimbangan keduanya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research (penelitian lapangan). Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan regulasi diri yang dilakukan oleh mahasiswa penghafal Al-Qur'an UIN K.H Abdurrahman Wahid sebagai upaya kontrol diri dan manajamen diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UIN KH. Abdurrahman Wahid menerapkan regulasi diri dalam menyeimbangkan hafalan dan prestasi akademik. Regulasi tersebut meliputi tiga aspek diantaranya: (1) Regulasi diri aspek metakognisi, melalui: tahap perencanaan, tahap organisir dan tahap pengukuran diri atas usaha-usaha yang dilakukan dalam proses menghafal (2) Regulasi diri aspek motivasi sebagai salah satu penggerak mahasiswa dalam mempertahankan semangat menghafal (3) Regulasi diri aspek Perilaku yaitu cara mahasiswa untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan. Faktor yang mempengaruhi regulasi diri mahasiswa penghafal terdiri dari faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong diantaranya fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa penghafal Al-Qur'an, support dan motivasi dari orang-orang terdekat serta kemampuan para mahasiswa untuk mempertahankan motivasinya. Selanjutnya faktor penghambat diantaranya rasa malas, menemukan kata-kata yang sulit saat menghambat dan pengaruh gadget.
Perjalanan-Singgah Guru Pendidikan Kristen dan Kerja-kerja disiplin di Kelas IPS Kota Palangka Raya Sepri Selawaisa
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.37

Abstract

Disiplin belajar merupakan usaha seseorang dalam mentaati atau mematuhi peraturan (tata tertib) dalam proses belajar mengajar guna meningkatkan kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan lain sebagainya. Perilaku tersebut hadir karena adanya kesadaran diri maupun menggunakan hukuman untuk mematuhi peraturan. Guru sangat berperan dalam proses belajar mengajar sehingga kehadiran guru dalam pelaksanaan pembelajaran memegang peran penting. Guru merupakan ujung tombak yang berhadapan secara langsung dengan peserta didik, sehingga pencapaian peserta didik dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Kristen dan mengetahui hambatan guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik pada kelas X IPS 4 dan X IPS 6 di SMA Negeri 3 Palangka Raya. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik yang pernah dilakukan antara lain: partisipasi kerja-kerja guru sebagai pengajar, peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai teladan, peran guru sebagai pembimbing dan peran guru sebagai penasehat. Hambatan yang dialami guru Pendidikan Agama Kristen dalam membentuk sikap disiplin belajar peserta didik yaitu faktor internal (peserta didik) dan faktor eksternal (lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah).
Pengembangan E-Modul Flipbook MKU Bahasa Indonesia Berbasis Flip PDF Professional pada Materi Menulis Karya Ilmiah untuk Mahasiswa Prodi TIK STKIP Pesisir Selatan Riska Mayeni; Taufik Abdul Hasan Amarullah; Septiana Vratiwi; Dino Adi Putra; Intan Dwi Rahayu; Riski Randa Hidayatullah
SIBERNETIK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2023): Sibernetik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Publisher : UPT Publikasi dan Penerbitan Universita San Pedro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59632/sjpp.v1i1.80

Abstract

Pembelajaran berbasis digital dapat menarik perhatian dan minat mahasiswa serta mampu memotivasi semangat mahasiswa dan mampu untuk memahami pembelajaran khususnya pembelajaran MKU bahasa Indonesia Materi Menulis karya ilmiah. Akan tetapi penggunaan bahan ajar modul Handout, dan buku kurang menarik minat dan motivasi mahasiswa untuk membaca sehingga mahasiswa kurang memahami materi. Di era Zaman 4.0 ini semua tingkat pendidikan sudah menggunakan media digital sebagai sarana untuk menunjang proses pembelajaran. Salah satunya pembelajaran menggunakan Aplikasi zoom Meeting. Pembelajaran daring menjadi salah satu alternatif dalam mata kuliah MKU Bahasa Indonesia pada Mahasiswa TIK khususnya materi Menulis karya ilmiah. Untuk itu, perlu dilakukan pengembangan modul menjadi E-Modul Flipbook berbasis Flip PDF Professional. Penelitian ini, bertujuan selain untuk mengembangkan produk juga untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas produk E-modul berbasis Flip PDF Professional MKU Bahasa Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan atau Research dan Development (R&D). Langkah pengembangan modul pembelajaran dikembangkan menurut Borg dan Gall meliputi 10 langkah , yaitu (1) meneliti dan mengumpulkan informasi, (2) merancang penelitian, (3) mengembangkan desain model, (4) melakukan pengujian permulaan, (5) merevisi desain permulaan, (6) menguji desain di kelas (7) merevisi model yang diuji cobakan di lapangan, 8) menguji layak tidaknya produk, (9) merevisi produk akhir, dan 10) mendesiminasi dan menerapkan hasil final. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket dan tes. Sebagai subjek dari penelitian ini adalah 20 orang mahasiswa TIK dengan menyebarkan angket dan ahli media serta melakukan wawancara dengan dua orang dosen pengampu mata kuliah MKU Bahasa Indonesia. Hasil penelitian dari hasil wawancara dan angket dapat disimpulkan produk E-modul berbasis Flip PDF Professional MKU Bahasa Indonesia layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Page 1 of 3 | Total Record : 24