Keterampilan guru dalam mengontrol kelas dan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan sangat penting dilakukan. Dalam penerapan kurikulum 2013 tingkat sekolah dasar berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada keterampilan siswa. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di MIN 3 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dimana sumber datanya terdiri dari data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data diolah melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelittian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui berdasarkan cara guru dalam menyajikan pembelajaran, pembelajaran yang berpusat pada siswa, dan pengelolaan kelas yang baik.
Copyrights © 2023