Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dalam upaya menginternalisasikan nilai karakter humanis-religius pada siswa di SMPN 2 Kasui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan latar penelitian di SMPN 2 Kasui. Pemerolehan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu integrasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam efektif diberikan kepada generasi milenial di SMPN 2 Kasui, hal ini ditandai dengan 3 tahap integral, yaitu (1) Tahapan perencanaan, meliputi penyajian integrasi pendidikan karakter pada silabus dan kurikulum pembelajaran; (2) Tahapan pelaksanaan, meliputi pembelajaran dan budaya (iklim) sekolah; dan (3) Tahapan ketiga yaitu evaluasi. Evaluasi dilaksanakan dengan dua langkah yaitu evaluasi proses dan hasil. Evaluasi proses dilaksanakan dalam proses pembelajaran, sedangkan evaluasi hasil dilaksanakan di akhir semester.
Copyrights © 2023