cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
edukatifjournal@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Edukatif
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30250544     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Edukatif is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education including educational innovation, Studies in Social Education, Studies in Science Education, Education Management, Teaching & Learning, Educational Quality, Educational Leadership, Educational Technology, Language Education, Educational Philosophy, Education religion carried out by researchers, teachers, lecturers, and students. Detailed information for loading articles and article instructions are provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 74 Documents
PROBLEMATIKA YANG DIALAMI SISWA DALAM MENGHAFAL AYAT AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI Horasman
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami siswa dalam menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 9 Tebing Tinggi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber datanya adalah data primer dan data sekunder, objek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru tahfidz. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dalam situs yang dikembangkan oleh Miles Huberman. Problematika yang dihadapi siswa dalam menghafal Al Qur’an adalah rasa capek dan bosan yang menjadi masalah terbesar dihadapi siswa, munculnya rasa malas terdapat siswa yang tidak mampu mencapai target hafalannya. Sedangkan faktor yang berasal dari luar diri siswa adalah, pengaruh penggunaan gadget yang terlalu berlebihan, tidak dapat mengatur waktu dengan baik dan kurangnya mendapat dukungan dari keluarga.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM UPAYA MENGINTERNALISASIKAN NILAI KARAKTER HUMANIS-RELIGIUS PADA SISWA DI SMPN 2 KASUI Khairul Umam
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran PAI dalam upaya menginternalisasikan nilai karakter humanis-religius pada siswa di SMPN 2 Kasui. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan latar penelitian di SMPN 2 Kasui. Pemerolehan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu integrasi pendidikan karakter melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam efektif diberikan kepada generasi milenial di SMPN 2 Kasui, hal ini ditandai dengan 3 tahap integral, yaitu (1) Tahapan perencanaan, meliputi penyajian integrasi pendidikan karakter pada silabus dan kurikulum pembelajaran; (2) Tahapan pelaksanaan, meliputi pembelajaran dan budaya (iklim) sekolah; dan (3) Tahapan ketiga yaitu evaluasi. Evaluasi dilaksanakan dengan dua langkah yaitu evaluasi proses dan hasil. Evaluasi proses dilaksanakan dalam proses pembelajaran, sedangkan evaluasi hasil dilaksanakan di akhir semester.
PENERAPAN MODEL MOVING CLASS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI Ruslan
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model moving class dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran PAI di SMP NEGERI 8 MEDAN. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran moving class dapat membantu siswa menjadi lebih berminat untuk mengikuti pembelajaran di dalam kelas dan dapat dikategorikan meningkat. Artinya, peningkatan diperoleh dari metode yang digunakan (tidak sekadar mengandalkan metode ceramah), selanjutnya siswa juga memperoleh pengalaman baru dari upaya moving class yang diterapkan.
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN PAI Tina Fitriani
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapan media audio visual dalam pembelajaran PAI di SMPN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, data diambil melalui teknik pengumpulan data berupa data hasil observasi aktifitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual serta hasil belajar. Media audio visual merupakan salah satu media belajar yang menggabungkan antara gambar dan suara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari setiap siklusnya. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata hasil belajar siswa dapat meningkat secara bertahap yaitu dari tahap pra-siklus 36%, pada Siklus I 50%, dan pada Siklus II 86%, dan jumlah peningkatan hasil belajar dari pra-siklus, Siklus I, dan Siklus II adalah 50%. Berdasarkan deskripsi data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan pemahaman konsep pelajaran Pendidikan Agama Islam hal tersebut dilihat dari hasil tes yang meningkat disetiap siklusnya. Pendidikan yang bermutu dapat tercermin dari penilaian hasil belajarnya, artinya semakin bermutu tingkat layanan pendidikannya semestinya hasil belajarnya juga semakin baik.
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAN ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE SCRIPT Nurmalini
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses pembelajaran yang menyangkut materi, metode, media alat peraga dan sebagainya harus juga mengalami perubahan kearah pembaharuan (inovasi). Dengan adanya inovasi tersebut diatas dituntut seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif, terutama dalam menentukan model dan metode yang tepat akan sangat menentukan keberhasilan siswa terutama pembentukan kecakapan hidup (life skill) siswa yang berpijak pada lingkungan sekitar. Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar SKI dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa kelas IV tahun pelajaran 2022( b) Bagaimanakah pengaruh Model pengajaran kolaborasi terhadap moti vasi belajar SKI pada siswa kelas IV. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar SKI setelah diterapkannya model pengajaran kolaborasi (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar SKI setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancanan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV Tahun pelajaran 2022 Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (73,17%), siklus II (82,93%), siklus III (95,12%). Metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas IV serta model pembelajarasn ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran SKI.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SKI MATERI HIJRAH PARA SAHABAT NABI MUHAMMAD SAW MELALUI METODE DRILL Samsurizal
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil peningkatan Hasil Belajar Siswa setelah menerapkan Metode Drill Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Setelah menerapkan Metode Drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini guru pendidikan agama Islam dan siswa dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah Metode drill dan kemampuan membaca surah-surah pendek pilihan pada pelajaran SKI siswa kelas II. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian meliputi : 1) lembar hasil penilaian pengetahuan siswa, 2) lembar observasi aktifitas guru, 3) lembar observasi aktifitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Instrument yang lain adalah lembar tes kemampuan kognitif baik lembar pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran yang dilakukan sebelum tindakan membaca surah an-nas masih tergolong rendah. (3) Setelah menggunakan metode Driil dalam pembelajaran SKI mengalamipeningkatan yang bertahap pada siklus I dan siklus II.
UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Muliana
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Subjek penelitian ini adalah Upaya Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Pelajaran SKI Kelas II dengan siswanya yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 17 orang laki-laki dan 10 orang perempuan, pada bidang studi SKI. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian meliputi: 1) lembar hasil penilaian pengetahuan siswa, 2) lembar observasi aktifitas guru, 3) lembar observasi aktifitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Instrument yang lain adalah lembar tes kemampuan kognitif baik lembar pretes dan postes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran SKI siswa kelas II. Hal ini dapat dilihat pada nilai rata-rata siswa pada siklus I dengan perolehan skor 57,22 secara klasikal persentase hasil belajar sebesar 29,63%, meningkat pada siklus II dengan memperoleh skor 67,40, dengan persentase hasil belajar sebesar 55,55%, dan meningkat lagi pada siklus III dengan perolehan skor 80,00 secara klasikal persentase hasil belajar sebesar 96,29 %.
PENERAPAN METODE PERMAINAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SKI Sukma Juita
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan Hasil Belajar SKI Dengan Strategi Permainan telah diteliti pada Siswa Kelas II Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana penerapan strategi Permainan dalam pembelajaran Pelajaran SKI pada siswa kelas II dan (2) apakah strategi Permainan dapat meningkatkan hasil belajar Pelajaran SKI pada siswa Kelas II UPTD Jenis Penelitian ini adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dua rangkaian siklus kegiatan dimana setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif yang bersumber dari lembar observasi dan lembar kerja siswa. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa penerapan strategi Permainan dalam pelajaran SKI pada kelas II dapat meningkatkan peran aktif siswa dalam belajar dan mengurangi kecenderungan guru mendominasi kegiatan pembelajaran. Hal ini dilihat dari terjadinya peningkatan siswa yang aktif dari siklus I dengan rata-rata jumlah sswa yang aktif 15 orang dengan persentase 80% dan pada siklus II meningkat menjadi 16 orang siswa atau 90% dari 17 orang siswa disamping itu, persentase aktivitas guru meningkat dari skor rata-rata 3,09 (kategori cukup baik) menjadi rata-rata 3,90 (kategori baik). Selain itu, ketuntasan belajar siswa melalui strategi Permainanmenunjukan peningkatan, hal ini tergambar pada Siklus I, siswa yang tuntas 16 orang atau 95% dan siswa yang belum tuntas 1 orang atau 5%.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE Hadiati
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode example non example dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan di kelas II mengenai pelajaran SKI yang berjumlah 17 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti an ini dilakukan II siklus, yang terbagi atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada minggu pertama dilaksanakan prasiklus peserta didik yang berhasil mencapai KKM (75) hanya 8 anak dan 9 anak tidak mencapai KKM. Hari kedua dilaksanakan siklus I, peserta didik yang mencaapai KKM berjumlah 12 anak dan 5 anak tidak mencapai KKM. Dari hasil belajar pada siklus I, terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik bila dibandingkan pada prasiklus. Hari ke 3 dilaksanakan siklus II, anak yang berhasil mencapai KKM berjumlah 15 anak dan peserta didik yang tidak mencapai KKM berjumlah 2 anak. Dari kegiatan pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana jumlah peserta didik yang mencapai KKM terus bertambah mulai dari prasiklus,siklus I dan siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode example non example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MATERI PEPERANGAN DAN PENAKLUKAN KOTA MEKKAH Lailawati
Edukatif Vol 1 No 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Penerapan Strategi Kooperatif Learning Untuk meningkatkan hasil belajar SKI materi Peperangan dan Penaklukan Kota Mekkah di kelas XII MAN 1 Aceh Barat Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian Penerapan strategi pembelajaran cooperatife learning dilakukan guru SKI disebabkan beberapa hal, yaitu: proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan bagi siswa, karena siswa merasa selalu tertantang dengan melakukan berbagai observasi atau penelaahan dilingkungannya berkaitan dengan materi yang diajarkan guru, pemahaman siswa akan menjadi lebih kompleks karena siswa paham keterkaitan antara materi yang diajarkan di sekolah dengan aktifitas dilingkungannya; pemahaman dan pengetahuan siswa yang kompleks akan menyadarkan siswa menerapkan apa yang diajarkan dalam kehidupan sehari- hari. Agar cooperatife learning efektif dilaksanakan, maka guru melakukan beberapa hal, yaitu: dalam pemberian tugas siswa dibagi kepada beberapa kelompok: tugas yang diberikan kepada siswa merupakan keterkaitan atau berhubungan dengan hal-hal yang sudah diketahui siswa, sehingga siswa tinggal mengembangkan pemahamannya ; materi yang ditugaskan adalah persoalan atau permasalahan yang sifatnya membuat siswa merasa tertantang untuk menyelesaikannya.Hipotesa penulis dalam penelitian ini diterima dan diyakini 99%, bahwa cooperatife learning berpengaruh kuat atau tinggi terhadap hasil belajar SKI materi Peperangan dan Penaklukan Kota Mekkah.