Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hasil peningkatan Hasil Belajar Siswa setelah menerapkan Metode Drill Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Setelah menerapkan Metode Drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini guru pendidikan agama Islam dan siswa dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah Metode drill dan kemampuan membaca surah-surah pendek pilihan pada pelajaran SKI siswa kelas II. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data penelitian meliputi : 1) lembar hasil penilaian pengetahuan siswa, 2) lembar observasi aktifitas guru, 3) lembar observasi aktifitas siswa terhadap kegiatan pembelajaran. Instrument yang lain adalah lembar tes kemampuan kognitif baik lembar pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran yang dilakukan sebelum tindakan membaca surah an-nas masih tergolong rendah. (3) Setelah menggunakan metode Driil dalam pembelajaran SKI mengalamipeningkatan yang bertahap pada siklus I dan siklus II.
Copyrights © 2023