Penelitian ini menggunakan metode example non example dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan di kelas II mengenai pelajaran SKI yang berjumlah 17 orang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peneliti an ini dilakukan II siklus, yang terbagi atas prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada minggu pertama dilaksanakan prasiklus peserta didik yang berhasil mencapai KKM (75) hanya 8 anak dan 9 anak tidak mencapai KKM. Hari kedua dilaksanakan siklus I, peserta didik yang mencaapai KKM berjumlah 12 anak dan 5 anak tidak mencapai KKM. Dari hasil belajar pada siklus I, terlihat bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik bila dibandingkan pada prasiklus. Hari ke 3 dilaksanakan siklus II, anak yang berhasil mencapai KKM berjumlah 15 anak dan peserta didik yang tidak mencapai KKM berjumlah 2 anak. Dari kegiatan pembelajaran prasiklus, siklus I, dan siklus II telah terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik, dimana jumlah peserta didik yang mencapai KKM terus bertambah mulai dari prasiklus,siklus I dan siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode example non example dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2023