Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 1 No. 1 (2023)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 1 MEDAN

Lias Hamri (MTs Negeri 1 Medan)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran Jigsaw dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan, khususnya pada mata pelajaran fikih. Hal ini didasarkan pada tingkat ketuntasan nilai siswa yang tergolong masih rendah (belum mencapai KKM). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 2 siklus, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data (observasi), dan refleksi. Melalui penelitian ini, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan pada mata pelajaran fikih materi zakat, setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dengan persentase ketuntasan sebesar 77% dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85%. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 94 (30 siswa) dengan persentase ketuntasan 100% dengan selisih peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 41%. Dengan demikian, siklus II mengalami peningkatan signifikan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Dengan demikian, maka terbuktilah hipotesis peneliti yang telah diajukan terbukti kebenarannya, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperative jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...