cover
Contact Name
Tarmiji Siregar
Contact Email
tarmijisir@gmail.com
Phone
+6285275356446
Journal Mail Official
journalpedagogik@gmail.com
Editorial Address
Jalan Pengabdian No 395 Deli Serdang, Sumatera Utara, Indonesia
Location
Kab. deli serdang,
Sumatera utara
INDONESIA
Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Published by CV. Edu Tech jaya
ISSN : -     EISSN : 30257719     DOI : -
Core Subject : Education,
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication thought carried out by researchers, teachers, lecturers, and education students. Detailed information for article loading and article instructions is provided in each issue.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 78 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM DALAM MATA PELAJARAN FIKIH Malahayati Malahayati
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk meningkatkan hasil belajar khususnya pada muatan pelajaran fikih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching dalam pembelajaran fikih. Quantum Teaching memberikan pandangan bahwa siswa dalam proses pembelajaran itu bersifat penting bukan hanya sekedar duduk dan mendengarkan (objek belajar), melainkan siswa perlu beraktifitas untuk menemukan pengetahuannya sendiri (subjek pembelajaran). Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa model pembelajaran quantum teaching ini dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar pada siswa dalam pelajaran fikih.
PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH BERBASIS NILAI HUMANIS Sulaiman
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran PAI dipersepsikan sebagai materi yang menginternalisasikan nilai-nilai budi pekerti luhur bagi siswa, guna menguatkan potensi nilai humanis pada diri siswa. Persepsi literasi humanis merupakan pemahaman individu atau masyarakat terhadap konsep yang berfokus pada aspek kemanusiaan, seperti toleransi, empati, keadilan dan hak asasi manusia. Persepsi literasi humanis dapat membantu individu atau masyarakat untuk memahami dan merespons isu- isu sosial dan kemanusiaan dengan cara yang lebih bijaksana dan mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam kehidupan. Tulisan ini bertujuan untuk menganalisa persepsi guru PAI tentang literasi humanis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research untuk mengungkap dan mengumpulkan data penelitian melalui teknik wawancara, dan studi dokumen. Melalui penelitian ini, ditemukan hasil, yaitu guru menganggap bahwa dengan literasi humanis dapat memahami dan mengapresiasi keberagaman budaya, pandangan hidup, serta memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan reflektif terhadap isu- isu kemanusiaan dan sosial.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MTS NEGERI 1 MEDAN Lias Hamri
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi pembelajaran Jigsaw dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan, khususnya pada mata pelajaran fikih. Hal ini didasarkan pada tingkat ketuntasan nilai siswa yang tergolong masih rendah (belum mencapai KKM). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jumlah 2 siklus, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengumpulan data (observasi), dan refleksi. Melalui penelitian ini, diperoleh bahwa hasil belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan pada mata pelajaran fikih materi zakat, setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif jigsaw pada siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dengan persentase ketuntasan sebesar 77% dan persentase ketuntasan belajar belum mencapai 85%. Dan siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 94 (30 siswa) dengan persentase ketuntasan 100% dengan selisih peningkatan dari siklus I menuju siklus II sebesar 41%. Dengan demikian, siklus II mengalami peningkatan signifikan, sehingga peneliti berkesimpulan bahwa tidak perlu dilanjutkan lagi pada siklus berikutnya. Dengan demikian, maka terbuktilah hipotesis peneliti yang telah diajukan terbukti kebenarannya, pembelajaran dengan model pembelajaran kooperative jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO MATERI FIKIH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA JENJANG SD/MI Tri Ningsih
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Melalui model pembelajaran kooperatif, siswa akan bekerja bersama dalam kelompoknya, kemudian berdiskusi tentang suatu informasi, dan mengungkapkannya kepada kelompok lain. Salah satu tipe pembelajaran kooperatif, yaitu Tipe The Power Of Two. Tipe kekuatan berdua adalah belajar dalam kelompok kecil dengan menumbuhkan kerja sama secara maksimal melalui kegiatan pembelajaran oleh teman sendiri dengan anggota dua orang di dalamnya untuk mencapai kompetensi dasar. Dalam penelitian kualitatif ini, tinjauan literatur harus digunakan secara konsisten dengan asumsi metodologis. Ini berarti bahwa harus digunakan secara induktif sehingga mampu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh peneliti, terutama dalam konteks pembelajaran fikih sebagai objek kajian penelitian.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA Siti Rahmah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan berpikir kritis siswa terhadap kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Adapun jenis penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Pemerolehan data dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, serta dinyatakan valid usai uji keabsahan melalui teknik triangulasi. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku atau sikap mandiri seseorang tidak terbentuk secara mendadak, akan tetapi melalui proses sejak masa kanak-kanak. Perilaku antara individu dengan individu yang lain berbeda, hal ini karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang sangat mempengaruhi sikap mandiri seseorang dikelompokkan menjadi dua, yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar. Faktor dari dalam yaitu, faktor fisiologis mencakup kondisi fisik siswa, sehat atau kurang sehat dan faktor psikologis mencakup bakat, minat, sikap mandiri, motivasi, dan kecerdasan. Sedangkan faktor dari luar mencakup keluarga, sekolah, dan masyarakat.
PENERAPAN PEMBELAJARAN PAI BERBASIS BLENDED LEARNING Suprianti
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran PAI berbasis blended learning. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka. Peneliti berusaha menggali informasi dan pengetahuan dari berbagai literatur dan referensi yang ada. Hasil dari kajiannya menunjukkan bahwa blended learning menjadi salah satu solusi pembelajaran pasca pandemi Covid-19 dengan manfaat sebagai berikut memperluas jangkauan pembelajaran, kemudahan implementasi, efisiensi biaya, hasil yang optimal, menyesuaikan berbagai kebutuhan pembelajaran, dan meningkatkan daya tarik pembelajaran. Di sisi lain juga dapat dikemukakan bahwa blended learning merupakan penggabungan dari beberapa dimensi pembelajaran di antaranya pembelajaran face to face, synchronous virtual collaboration, asynchronous virtual collaboration, dan self-pace asynchronous.
PENGARUH MEDIA GAME EDUKASI BERNAMA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 40/X SUNGAI ITIK (STUDI KAJIAN TEMA III SUB-TEMA I) Suarni
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media game edukasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa tema III sub-tema I kelas IV di SD Negeri 40/X Sungai Itik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 40/X Sungai Itik Desa Bambel Gabungan, Kec. Bambel, Kab. Aceh Tenggara, jumlah subjek dalam pelaksanaan penelitian ini sebanyak 55 orang siswa yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh media Game Edukasi Kahoot terhadap hasil belajar siswa tema III sub-tema I kelas IV SD Negeri 40/X Sungai Itik. Yang menunjukkan bahwa hasil uji-t yang dilakukan memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil (<) dari taraf uji-t signifikan 0,05 atau 0,000 <0,05 (p). Maka pada uji hipotesis ini dapat diketahui dari hasil belajar siswa dalam mengungkapkan bahwa Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Sehingga ditarik kesimpulan terdapat pengaruh media game edukasi kahoot terhadap hasil belajar siswa tema III sub-tema I kelas IV SD Negeri 40/X Sungai Itik.
PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH Lisbeth Pandiangan
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran fikih di SMP Negeri 3 BP. Mandoge. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Berdasarkan hasil deskripsi data, uji persyaratan analisis, hasil penelitian, temuan penelitian dan keterbatasan penelitian maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan angket guided discovery learning yang memiliki hasil rataan sebesar 51,9 median sebesar 54,8 modus sebesar 53,4 varians sebesar 26,04 dan simpangan baku sebesar 5, 10 dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Kemampuan pemecahan masalah siswa memiliki hasil rataan rataan sebesar 53,4 median sebesar 53,7 modus sebesar 53,2 varian sebesar 18,19 dan simpangan baku sebesar 4,26 dan dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada guided discovery learning dengan kemampuan pemecahan masalah dengan garis regresi Y=19,76 +0,66 X. Terdapat korelasi yang signifikan antara guided discovery learning dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fikih di SMP Negeri 3 BP. Mandoge setelah dilakukan uji regresi dengan rumus product moment dengan hasil hitung 0,818 dengan tingkat hubungan yang kuat atau tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan model guided discovery learning baik diterapkan dan mampu berkontribusi pada kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran fikih kelas X SMP Negeri 3 BP. Mandoge, untuk itu diharapkan bagi guru mampu menerapkan model tersebut dengan baik sehingga dampak kepada siswa dapat lebih berpengaruh positif.
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA JENJANG MI/SD Yasin Adi Putra
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika melalui pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa jenjang SD/MI. Adapun jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data yang diperoleh dari berbagai sumber referensi ilmiah, dianalisis dan dideskripsikan secara detil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual memprioritaskan pada perilaku belajar yang nyata dan konkrit, hal ini didasarkan pada fase perkembangan anak dan kesehariannya bersama lingkungan alam sekitar. Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dipandang strategis bagi peningkatan kualitas profesional guru dalam meningkatkan berpikir kritis siswa melalui pengetahuan dasar yang kontekstual dimiliki siswa dari kehidupan sehari-hari bersama alam sekitar.
PEMANFAATAN MEDIA DALAM PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAI (HADIS NABI SAW.) DI SEKOLAH Dedek Ardiansyah
Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset Vol. 1 No. 1 (2023)
Publisher : CV Edu Tech Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media dalam penerapan strategi pembelajaran hadis Nabi saw di sekolah. Metode yang digunakan yaitu studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Pemerolehan data dan analisanya dilakukan menggunakan bahan referensi. Hasilnya, pembelajaran hadis dapat diterapkan sesuai dengan perkembangan zaman melalui bantuan media dan pendekatan teknologi, sehingga dapat dirasakan dengan munculnya aplikasi pendukung pembelajaran, seperti (1) Ensiklopedia Hadis Kitab 9; (2) hadis dalam buku digital; (3) Jawami’ al-Kalim; (4) Aplikasi One Day One Hadis; (5) WhatsApp Group; (6) Powerpoint; (7) Fast Stone Capture; (8) Youtube. Selanjutnya, penerapan strategi al-hadis dapat diklasifikasikan; (1) Strategi Pembelajaran Ekspositori, meliputi metode diskusi, metode ceramah, metode resitasi, metode tanya jawab. (2) Strategi Pembelajaran Aktif, meliputi card sort, jigsaw learning, foster comment, concept mapping, reading aloud, teks acak, practice rehearsal pairs, true or false, active knowledge sharing, dan index card match.