Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 1 No. 1 (2023)

PENGARUH GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATA PELAJARAN FIKIH

Lisbeth Pandiangan (SMP Negeri 3 BP. Mandoge)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran fikih di SMP Negeri 3 BP. Mandoge. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif. Berdasarkan hasil deskripsi data, uji persyaratan analisis, hasil penelitian, temuan penelitian dan keterbatasan penelitian maka peneliti memperoleh kesimpulan bahwa hasil perhitungan angket guided discovery learning yang memiliki hasil rataan sebesar 51,9 median sebesar 54,8 modus sebesar 53,4 varians sebesar 26,04 dan simpangan baku sebesar 5, 10 dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Kemampuan pemecahan masalah siswa memiliki hasil rataan rataan sebesar 53,4 median sebesar 53,7 modus sebesar 53,2 varian sebesar 18,19 dan simpangan baku sebesar 4,26 dan dapat diterima dengan batas toleransi yang signifikan. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada guided discovery learning dengan kemampuan pemecahan masalah dengan garis regresi Y=19,76 +0,66 X. Terdapat korelasi yang signifikan antara guided discovery learning dengan kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran fikih di SMP Negeri 3 BP. Mandoge setelah dilakukan uji regresi dengan rumus product moment dengan hasil hitung 0,818 dengan tingkat hubungan yang kuat atau tinggi. Dari hasil penelitian yang peneliti lakukan diketahui bahwa penerapan model guided discovery learning baik diterapkan dan mampu berkontribusi pada kemampuan pemecahan masalah pada pelajaran fikih kelas X SMP Negeri 3 BP. Mandoge, untuk itu diharapkan bagi guru mampu menerapkan model tersebut dengan baik sehingga dampak kepada siswa dapat lebih berpengaruh positif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...