Pedagogik : Jurnal Pendidikan dan Riset
Vol. 1 No. 1 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Enny Wahyuni (SMK Negeri 1 Lubuk Pakam)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental, dengan rancangan penelitian eksperimental yang diusulkan (non-equivalent control group design), dengan menggunakan pre-test dan post-test peneliti menggunakan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas X-A merupakan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 siswa, dan Kelas X-B merupakan kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 siswa. Berdasarkan penelitian di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, dengan 4 kategori menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,33 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t di mana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education and Community Dedication. Articles published in journals are the results of research or areas of educational and comunity dedication ...