Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi strategi pembelajaran scramble dalam meningkatkan prestasi belajar SKI siswa di MTs Al Washliyah 48. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Observasi dilakukan di MTs Al Washliyahm adapun subjek penelitian meliputi guru, kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan siswa. Validitas data yang telah diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi diuji dengan teknik triangulasi data dan sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran meliputi penyusunan kurikulum, program tahunan, program semester, kriteria ketuntasan minimal (KKM), pengelolaan waktu belajar, RPP, kalender pendidikan dan program peningkatan kualitas siswa; (2) pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan persiapan (persepsi), kegiatan inti (eksplorasi, penyempurnaan dan konfirmasi), dan kegiatan terminasi; (3) pengawasan pembelajaran meliputi supervisi internal dari kepala sekolah terhadap proses penyelenggaraan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) sekolah; dan (4) evaluasi pembelajaran meliputi pre-test, ulangan harian, ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Pelaporan pembelajaran oleh guru didokumentasikan dalam raport siswa sebagai gambaran hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023