Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa manajemen dan peran guru dalam pengembangan kurikulum pembelajaran al-Qur’an hadis di madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif analitis. Pengumpulan data di lapangan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, peneliti menginterpretasi data melalui upaya reduksi, penyajian data, hingga verifikasi. Akhirnya, data dinyatakan valid (absah) bila melewati uji triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan dan peran guru di MTs Al Washliyah terlaksana dengan baik. Hal ini ditinjau dari implementasi visi, misi, tujuan lembaga melalui pengembangan kurikulum berbasis masyarakat (kombinasi kurikulum madrasah, kurikulum pendidikan nasional, dan kearifan lokal). Kemudian, strategi yang digunakan dalam pengembangan madrasah yakni meningkatkan mutu layanan akademik dan mutu lulusan madrasah. Adapun bentuk konkritnya berupa optimalisasi kegiatan esktrakurikuler untuk mendukung potensi siswa berprestasi akademik maupun non-akademik, pemberian hadiah sebagai apresiasi bagi siswa dan guru berprestasi, peningkatan kompetensi SDM berbasis kebutuhan masyarakat, pelatihan bagi SDM madrasah, serta mediasi yang dilakukan komite madrasah dengan pihak masyarakat setempat.
Copyrights © 2023