Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwabegitu hebatnya peran pengajar Al-Qur’an dalam menanamkan karakter religiuskepada anak-anak. Dengan menganalisis bagaimana upaya-upaya yang dilakukanoleh pengajar dalam memberikan pengajaran Al-Qur’an, kita akan mengetahuiseberapa besar rasa kesadaran dan tanggung jawab pengajar dalam mentransferilmu yang ada dalam dirinya untuk anak-anak didiknya. Metode penelitian yangdigunakan ialah metode kualitatif yang berbentuk deskriptif, berawal dari kurangnyakualitas membaca Al-Qur’an dan moralitas serta kemauan anak-anak dalan mengajimenurun. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif. Hasil penelitian inimenjelaskan bahwa bentuk upaya guru mengaji dalam meningkatkan kemampuanmembaca Alqur’an pada anak yaitu: menggunakan metode Talaqqi, memberikanfasilitas tanpa dipungut biaya apa pun, tadarrus Alqur’an setiap hari, memberikanpendekatan kepada anak didik secara khusus sehingga merasa nyaman dalampembelajaran, memberikan motivasi dan nasihat dalam bentuk, guru mengaji harusmengembankan niat ikhlas dan sabar dalam memberikan pengajaran
Copyrights © 2023