PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 1 No. 1 (2023): MEI 2023

PEMBERIAN MOTIVASI PENINGKATAN PRESTASI SISWA SMK ARMANIYYAH

Imam Sucipto (Universitas Pelita Bangsa)
Nenda (Universitas Pelita Bangsa)
Dadang Heri Kusumah (Universitas Pelita Bangsa)
Ahmad Gunawan (Universitas Pelita Bangsa)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Tujuan pengabdian ini adalah untuk membantu para siswa dalam pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga bisa meningkatkan minat belajar siswa untuk terus mendalami pembelajaran. Selain itu pengabdian ini memberikan motivasi belajar kepada siswa dan motivasi setelah lulus terkait masa depan yang akan mereka hadapi setelah lulus nanti. Kurangnya pengetahuan para siswa tentang rencana kedepan membuat banyak siswa yang justru menjadi pengangguran. Pendidikan mengandung proses belajar dan pembelajaran. Sederhananya, belajar merupakan proses perubahan tingkah laku, pemahaman dan memanusiakan manusia. Suatu hal yang amat penting dalam belajar ialah adanya motivasi. Motivasi dan belajar tidak dapat dipisahkan. Motivasi merupakan daya pendorong. Rendahnya motivasi dalam belajar akan menyebabkan sulitnya peserta didik dalam mencapai kesuksesan dalam belajar. Pemberian motivasi dalam belajar sebagai bentuk aplikasi dari teori belajar, yaitu: 1) menjelaskan tujuan kepada peserta didik, 2) membangkitkan minat belajar peserta didik, 3) memberikan angka/penilaian, 4) memberikan hadiah dan pujian, 5) memberikan hukuman, 6) menciptakan persaingan dan kerjasama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...