GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol 1 No 03 (2023): JUNI 2023

PENDAMPINGAN DALAM PEMUTAKHIRAN PROSES PEMBELAJARAN SISWA MELALUI MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN

Karnowahadi (Politeknik Negeri Semarang)
Eva Purnamasari (Politeknik Negeri Semarang)
Bagus Yunianto W (Politeknik Negeri Semarang)
Fatchun Hasyim (Politeknik Negeri Semarang)
Suryadi Poerbo (Politeknik Negeri Semarang)
Budi Prasetya (Politeknik Negeri Semarang)
Achmad Zaenuddin (Politeknik Negeri Semarang)
Subandi (Politeknik Negeri Semarang)
Noor Suroija (Politeknik Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah terkait peningkatan kreativitas guru dalam hal media pembelajaran yang up to date, khususnya terkait dengan pembuatan video pembelajaran. Video yang menarik dan mudah ditangkap oleh siswa bukan sekedar video hasil rekaman, tetapi video dengan konten kekinian dengan isi yang padat tetapi waktu yang singkat. Dengan demikian dibutuhkan proses editing sedemikian rupa sehingga video yang dibuat mampu menampilkan seluruh aktivitas dengan durasi yang paling singkat. Kegiatan pendampingan yang dilakukan berupa pelatihan bagi guru mulai dari cara sudut pengambilan video, menyisipkan narasi atau tulisan dalam video, hingga editing. Hasil akhir video yang telah diperoleh akhirnya dilanjutkan dengan pengaturan durasi waktu penayangan. Setelah pelatihan selesai kemudian dilanjutkan dengan pemberian tugas dalam membuat video singkat secara sederhana hingga mampu menayangkannya melalui handphone maupun LCD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Religion Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Gembira: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Gembira, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...