Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan
Vol. 1 No. 2 (2023): Edisi Oktober - Desember

DAKWAH DAN PERAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PERUBAHAN SOSIAL

Burhanuddin (Program studi komunikasi penyiaran islam, fakultas dakwah dan ilmu komunikasi Universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2023

Abstract

Artikel ini membahas pentingnya pembelajaran bahasa Arab dalam konteks dakwah dan perubahan sosial dalam Islam. Latar belakang artikel ini adalah meningkatnya kebutuhan akan pemahaman bahasa Arab dalam era globalisasi dan perubahan sosial yang terus berlangsung. Tujuan artikel ini adalah untuk memperjelas peran bahasa Arab dalam dakwah dan perubahan sosial, serta memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya pembelajaran bahasa Arab dalam konteks ini. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah studi literatur dan analisis teks dari sumber-sumber yang relevan. Hasil dari artikel ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab memiliki peran penting dalam memahami ajaran agama, menyebarkan dakwah secara efektif, dan membentuk perubahan sosial dan spiritual dalam masyarakat Muslim. Selain itu, bahasa Arab juga memainkan peran dalam memperdalam makna ibadah, membentuk identitas sastra umat Islam, dan menjaga keutuhan identitas budaya dan keagamaan umat Islam. Oleh karena itu, pembelajaran bahasa Arab menjadi kunci dalam memahami dan menghadapi tantangan global dan perubahan sosial yang terus berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkis

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Islam dan Sosial Keagamaan (E-ISSN : 3026-2003) yang diterbitkan oleh CV.ITTC Indonesia fokus menerbitkan artikel penelitian bidang kajian Agama Islam. Ruang lingkupnya meliputi (1) teologi Islam; (2) hukum Islam; (3) pendidikan Islam; (4) Mistisisme dan Filsafat Islam; (5) ekonomi ...