Masih terdapat siswa yang merasa canggung dan kesulitan apabila diminta untuk mengungkapkan pendapat secara lisan. Rendahnya keterampilan berbicara siswa yang disebabkan oleh peserta didik yang pasif saat mengikuti pelajaran serta model pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 179 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes kinerja. Data posttest keterampilan berbicara dianalisis menggunakan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung 3,29 dan ttabel 2,00 pada taraf signifikansi 5% dengan dk 54, karena thitung lebih kecil dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran story telling berbantuan buku cerita berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD. Implikasi penelitian ini model pembelajaran story telling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Copyrights © 2023