Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research

Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Lembar Peserta Didik dengan Pembelajaran Langsung

Santi, Nirmala (Unknown)
Srirahayu, Weni (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pembelajaran langsung. Metode penelitian ini yakni eksperimen dengan jenis eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan LKPD, dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah perlakuan diberikan, dilanjutkan dengan pemberian tes hasil belajar kognitif kepada kedua kelas penelitian. Dari data tes hasil belajar kognitif siswa diperoleh bahwa kedua kelas penelitian tidak berdistribusi normal dan memiliki variansi berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik yakni uji Mann-Whitney. Hasil analisis statistik ini diperoleh bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 kurang dari probabilitas 0,05 (0,002 < 0,005). Jadi, pengambilan keputusan uji Mann-whitney maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajaran menggunakan LKPD lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JoMe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research is an open accessible platform. The main objective of this Journal is to provide a forum for national or international scholars, academics, and researchers to share ideas in the field of multidisciplinary education. MALEWA journal focuses on: ...