cover
Contact Name
Elfi Rahmadhani
Contact Email
elfirahmadhani88@gmail.com
Phone
+6281363118102
Journal Mail Official
elfirahmadhani88@gmail.com
Editorial Address
Jl. Persiapan Gelengang No. 5, Kp. Simpang Empat, Kec. Bebesen, Kab. Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Indonesia
Location
Kab. aceh tengah,
Aceh
INDONESIA
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research
ISSN : 30309077     EISSN : 30254795     DOI : https://doi.org/10.61683/jome.v1i02
Core Subject : Education,
MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research is an open accessible platform. The main objective of this Journal is to provide a forum for national or international scholars, academics, and researchers to share ideas in the field of multidisciplinary education. MALEWA journal focuses on: Mathematics Education Islamic Religious Education Language Education Natural Science Education Social Science Education Educational Counseling Childhood Education Curriculum and Teaching Methodology Educational Technology Evaluation of Education Management and Leadership Education Vocational Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 19 Documents
Perbandingan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Menggunakan Lembar Peserta Didik dengan Pembelajaran Langsung Nirmala Santi; Weni Srirahayu
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pembelajaran langsung. Metode penelitian ini yakni eksperimen dengan jenis eksperimen semu. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelas eksperimen dengan pembelajaran menggunakan LKPD, dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Setelah perlakuan diberikan, dilanjutkan dengan pemberian tes hasil belajar kognitif kepada kedua kelas penelitian. Dari data tes hasil belajar kognitif siswa diperoleh bahwa kedua kelas penelitian tidak berdistribusi normal dan memiliki variansi berbeda. Kemudian dilanjutkan dengan analisis statistik yakni uji Mann-Whitney. Hasil analisis statistik ini diperoleh bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,002 kurang dari probabilitas 0,05 (0,002 < 0,005). Jadi, pengambilan keputusan uji Mann-whitney maka disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta didik yang pembelajaran menggunakan LKPD lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika peserta didik menggunakan model pembelajaran langsung
Motivasi Berhias dan Kaitannya dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri di Teratak Baru Pesisir Selatan Puji Astuti; Nasril; Zakirman
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.3

Abstract

This study is motivated by the existence of important phenomena or problems that need to be examined, especially the problem of young women dressing themselves in New Teratak. This study aims to investigate the biogenetic, sociogenetic, and theogenetic reasons young women in Teratak Baru decorate themselves. Seven young women with criteria ranging in age from 19 to 21 participated in the qualitative method with a descriptive approach. The results indicate that young women decorate themselves to please and satisfy themselves, to attract community attention, and to worship Allah SWT. However, some of the seven young women still lack confidence despite having decorated because of physical factors such as acne and body fat, and they also have little understanding of what decoration is permitted in Islam.
Pendidikan Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Umum (PEMILU) Tahun 2024 Di Kabupaten Aceh Tengah Sutrisno; Siti Rif’atussa’adah Sitorus Pane
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.4

Abstract

Pesta demokrasi di Indonesia dilaksanakan tahun 2024 dan menjadi momentum bersejarah bagi rakyat Indonesia. Pemilu akan dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama yaitu pemilu serentak untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden/Wakil Presiden, serta anggota DPRD Provinsi dan Kab/Kota. Sedangkan, tahap kedua merupakan pemilu serentak untuk memilih kepala daerah (Pilkada) Gubernur, Bupati/Walikota serentak secara nasional. Desain pemilu tahun 2024 yang berbeda dari pemilu sebelumnya tentunya menjadi perhatian bersama terlebih pemilih pemula. Pemilih pemula harus diberikan edukasi politik agar terbangun pengetahuan politik yang baik dan tercipta kesadaran berdemokrasi agar berpartisipasi secara maksimal pada pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendidikan politik sangat diperlukan bagi para pemilih pemula sebagai bentuk pengenalan dan preferensi politik menjelang pemilu 2024; (2) Pemilih pemula di Kab. Aceh Tengah sudah mendapatkan informasi maupun pendampingan langsung tentang tata cara pemilu 2024 dari penyelengara pemilu dan media massa RRI Takengon di Kabupaten Aceh Tengah. Kata kunci: Pendidikan Politik, Pemilih Pemula, Pemilu 2024, Aceh Tengah
Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris Institut Agama Islam Negeri Takengon Rahmahidayati Sari
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.6

Abstract

This study aims to look at the learning motivation of TBI IAIN Takengon students. Learning motivation is directly related to the enthusiasm for learning. The research method chosen in this research is descriptive qualitative research using the research instrument is observation. The informants of this study were students of English Tadris at IAIN Takengon. The data analysis technique uses the Miles and Huberman approach using 3 steps, namely: reduction, display and verification. The conclusion of this study is that most students give their assignments on time, although there are some students who do not give assignments according to the agreed schedule. There are still students who are late or don't even attend online lectures. Most of the students seem to pay attention to the material taught by the lecturer. So it can be said that the learning motivation of TBI IAIN Takengon students is quite good.
Perilaku Sosial Remaja Peminum Minuman Keras di Desa Sibargot Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara Riski Yusuf; Afnibar; Urwatul Wusqo
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 01 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i01.8

Abstract

Remaja sebagai generasi penerus bangsa, diharapkan menjadi anggota masyarakat berpendidikan dan berperilaku baik. Kenyataanya banyak remaja melakukan perilaku menyimpang, seperti minum-minuman keras. Untuk itu peneliti ingin melihat lebih detil perilaku sosial mereka, di lingkungan keluarga, masyarakat, dan teman sebaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah remaja, masyarakat, dan teman sebaya. Dengan menggunakan teknik purposive sampling Teknik analisis data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) Perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan keluarga, yaitu:, hubungan interaksi, komunikasi remaja peminum-minuman keras dengan keluarga tidak harmonis, karna orang tuanya tidak setuju minum-minuman keras; 2) Perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan masyarakat melihat remaja minum-minuman keras di warung tempat remaja berkumpul. Masyarakat sering menegur karena menimbulkan ketidaknyamanan. Bahkan melaporkan kepada kepala desa karena ada remaja yang melakukan pencurian; dan 3) perilaku sosial remaja peminum-minuman keras di lingkungan sesama teman peminum, remaja bergaul seperti biasa mereka minum-minuman keras ketika larut malam. Ketika ada teman mereka memiliki masalah mereka membantu untuk menyelesaikan. Mereka juga membantu iuran untuk membeli minuman keras ketika mereka sudah berkumpul di samping itu mereka tidak memaksa teman mereka yang tidak ikut minum bersama.
Penerapan Model Pembelajaran TPS terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa XI F di SMA Negeri 2 Padang Nadila Stevenia; Nirmala Santi; Dina Amsari
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 02 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i02.24

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Pair Share  (TPS) lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap kemampuan komunikasi matematis kelas XI F SMA Negeri 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif model quasy eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tes akhir kelas eksperimen adalah 64,16 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 50,55. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI F di SMA Negeri 2 Padang.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI Fase F SMA N 2 Padang Marzufira; Dina Amsari; Fahkrullah I Tama Umar
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 02 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i02.25

Abstract

This study aims to determine the results of solving mathematical problems in class XI students of Phase F of SMA N 2 Padang using the PBL model of learning better than conventional learning. This research is a quasi-experimental design or quasi-experimental research. The population in this study were all of class XI phase F of SMA N 2 Padang. The results of students' mathematical problem solving increased in the experimental class as seen from the learning outcomes of students' problem solving ability tests with the t-test obtained t_count > t_table (2.472 > 1.995) data it shows H_0 is rejected and H_1 is accepted. From these calculations it can be concluded that there is an effect of learning mathematics problem based learning models on compound interest and annuity material on the results of the mathematical problem solving ability of class XI students phase F SMA N 2 Padang is better.
Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Peningkatan Religiusitas Peserta Didik di Pondok Pesantren Terpadu Nurul Islam Blang Rakal Kabupaten Bener Meriah Jufrizal
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 02 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i02.31

Abstract

The introduction of religious values ​​and the introduction of students to the yellow book as a bridge to be able to learn the basics of the book, namely the Koran and Hadith. Studying the yellow book also includes studying interpretations of the Koran and hadith. Because it will be dangerous if children are accustomed to taking arguments from the Koran even though they don't know the interpretation. This research uses qualitative research with a field approach. The data collection that researchers used was interviews, observation and documentation. In analyzing data, researchers used data analysis techniques. The findings of this study are: the implementation of learning the yellow book as an increase in the religiosity of students at the Nurul Islam Integrated Islamic Boarding School can increase the religiosity of students along with the books they master. This learning provides an essence on an ongoing basis in increasing the intensity of the frequency of faith and understanding of everything related to Islamic religious teachings, because the study of the yellow book explores Islamic religious teachings in detail in relation to religiosity in the following five dimensions: Aqidah Dimension, Worship Dimension, Dimension Ihsan and Dimensions of Knowledge. Keywords: Implementation, learning the Yellow Book, Religiosity
Analisis Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Barisan dan Deret Nabillah Qatrun Nada; Putri Yulia
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 02 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i02.32

Abstract

This study aims to analyze students' critical thinking skills in learning mathematics, especially the matter of sequences and series in class XI MIA 4 MA Negeri 1 Sungaipuh City. The method used in this study was the Chroschek sectional survey, the sample in the study was determined using simple random sampling, in which the researcher took the sample randomly to obtain Class XI MIA 4 consisting of 32 students. Data collection techniques in the form of tests. The test instrument in this study was a description item consisting of 3 items to measure students' critical thinking skills. Each item contains 5 indicators of critical thinking skills, including interpretation, analysis, explanation, evaluation and inference. Based on the results of the analysis, it was found that the critical thinking skills of students in class XI MIA 4 MAN 1 Sungai Full City in the material for sequences and series were still lacking with an average value of 40.8. Students' critical thinking skills appear the most in analytical indicators. The lack of students' ability is influenced by various factors, namely, the lack of mindset in solving problems and understanding concepts. Thus, the teacher plays an important role in developing students' mathematical critical thinking skills
Penggunaan Quizziz dalam Assesmen Siswa Pada Materi Globalisasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAS Muhammadiyah 5 Takengon Sastri
Malewa: Journal of Multidisciplinary Educational Research Vol 1 No 02 (2023): MALEWA: Journal of Multidisciplinary Educational Research
Publisher : Lembaga Swadaya Masyarakat : Dharma Lentera Khatulistiwa (MALEWA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61683/jome.v1i02.33

Abstract

Asesmen dalam bidang pendidikan perlu dilakukan, untuk mengetahui seberapa jauh peserta didik memahami materi Globalisasi, Quizizz merupakan aplikasi pendidikan game edukatif yang masih jarang dijumpai dalam pembelajaran. Quizizz membuat peserta didik lebih bersemangat dalam pembelajaran serta meningkatkan hasil belajar siswa, karena aplikasi ini berbasis turnamen yang memacu semangat peserta didik dalam mengerjakan soal. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan penjelasan pembelajaran Sosiologi di Materi Globalisasi melalui Quizizz dalam pelaksanaan penilaian pengetahuan peserta didik SMAS Muhammadiyah 5 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi pustaka. Penelitian menemukan  belajar siswa lebih berhasil terhadap materi dengan menggunakan Quizziz. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan acuan pembelajaran dengan menggunakan IT melalui Quizziz.

Page 1 of 2 | Total Record : 19