JURNAL EDUAKSI (Jurnal Edukasi dan Penelitian Tindakan Kelas)
Vol. 1 No. 1 (2022): Eduaksi

Mengenal Angka Dengan Menerapkan Permainan Kartu Angka Untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

Nur Afni Roziatul Hasanah (Unknown)
Ratih Yuliyati (Unknown)
Endang Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Permainan kartu angka adalah salah satu metode pembelajaran menggunakan media berupa kartu bertuliskan angka dan gambar yang digunakan untuk memperkenalkan konsep angka pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menstimulasi kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 sampai 10 melalui permainan kartu angka pada anak usia 4-5 tahun di kelompok A TK Al-Jauhar Desa Penanggungan Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 4 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, studi dokumentasi, dan wawancara sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 sampai 10 mengalami peningkatan setelah adanya penerapan metode bermain kartu angka. Terdapat 7 anak atau 70% masuk kategori BSH (Berkembang Sesuai Harapan) dan 3 anak atau 30% masuk dalam kategori BSB (Berkembang Sangat Baik), sehingga secara klasikal kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka 1 sampai 10 sudah berkembang dengan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Eduaksi merupakan artikel penelitian dan kajian tentang teori pendidikan, penelitian pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan, media pembelajaran pendidikan, pengembangan ...