JURNAL EDUAKSI (Jurnal Edukasi dan Penelitian Tindakan Kelas)
Vol. 1 No. 1 (2022): Eduaksi

Penerapan Model Pembelajaran Daring Berbasis Android Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 4 di SDN 2 Gintangan

Rifki Hidayatulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran daring berbasis android di SDN 2 Gintangan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatif fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer berupa hasil wawancara dengan informan dan sumber data sekunder berupa RPP pembelajaran daring. Dari hasil observasi tentang penerapan model pembelajaran daring berbasi android di SDN 2 Gintangan dapat diketahui bahwa Pelaksanaan pembelajaran daring di SD Negeri 2 Gintangan sudah cukup baik. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru dan peserta didik menggunakan Whatsapp dan aplikasi pembelajaran berbasis android. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini guru lebih sering menggunakan Whatsapp untuk berkomunikasi dengan peserta didik dan orang tuanya Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran daring guru menggunakan media aplikasi pembelajaran yang dibuat guru untuk penyampaian materi pembelajaran. Dalam aplikasi tersebut berisi video pembelajara, latihan soal, permainan dan soal evauasi. Aplikasi ini sangat membantu dalam proses pembelajaran karena menu yang tersedia sangat lengkap dan menarik perhatian anak-anak usia SD. Kendala dalam pelaksanaan pembelajaran daring ini yaitu tidak stabilnya jaringan internet sehingga terkadang peserta didik kesulitan untuk belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eduaksi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Eduaksi merupakan artikel penelitian dan kajian tentang teori pendidikan, penelitian pendidikan bahasa dan sastra indonesia, pendidikan matematika, pendidikan guru sekolah dasar, pendidikan anak usia dini, pengembangan perangkat pembelajaran pendidikan, media pembelajaran pendidikan, pengembangan ...