Tujuan penelitian adalah upaya untuk: (1) peningkatan aktifitas siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) motivasi prestasi belajar kimia. (3) respon siswa. Rendahnya hasil evaluasi bidang pelajaran kimia merupakan salah satu indikator masih rendahnya kemampuan yang dicapai oleh siswa. Agar dapat memperoleh prestasi kimia yang baik dibutuhkan sikap atau motivasi sebagai bekal ajar untuk belajar dengan baik. Métode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tegalombo tahun ajaran 2022/2023. Motivasi belajar diukur dengan instrumen angket, sedangkan prestasi belajar kimia dan respon siswa diambil dari hasil tes dan angket setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan motivasi dan prestasi belajar menjadi meningkat, yaitu ditandai dengan peningkatan rerata nilai dari siklus I sampai siklus III. Aktifitas juga terjadi peningkatan. Penerapan model pembelajaran Jigsaw memberikan respon yang positif bagi hasil belajar siswa.
Copyrights © 2023