cover
Contact Name
Muhamad Suhardi
Contact Email
jurnalcendekia123@gmail.com
Phone
+6282341891541
Journal Mail Official
jhppcendekia@gmail.com
Editorial Address
Jln. Raya Simpang Empat Bypass BIL Labulia, Kec. Jonggat, Kab. Lombok Tengah, Prov. NTB
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP)
ISSN : 29875196     EISSN : 29875773     DOI : https://doi.org/10.61116/jhpp.v1i4.189
Core Subject : Education,
Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan hasil penelitian dan pengembangan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 38 Documents
MENINGKATKAN KECERDASAN BERBAHASA DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI DESCRIPTIVE TEXT Syeha Ramadan
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan berbahasa dan prestasi belajar bahasa Inggris melalui model pembelajaran Talking Stick. Penelitian ini dibagi menjadi 2 siklus yaitu siklus I dan II dan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Seluruh data diperoleh melalui observasi, tes dan wawancara. Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick ini dapat meningkatkan kecerdasan berbahasa dan prestasi belajar bahasa Inggris siswa dalam pembelajaran yaitu pada pra siklus hasil analisis data dapat diketahui bahwa peringkat prestasi belajar siswa hanya 13 siswa atau 40,62% yang mampu mencapai tingkat peringkat prestasi belajar baik, 50% yang mampu mencapai tingkat peringkat prestasi belajar cukup, 6,25% yang mampu mencapai tingkat peringkat prestasi belajar kurang , 3,13% yang mampu mencapai tingkat peringkat prestasi belajar kurang sekali. Dengan demikian pada siklus I dan II dapat diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata tingkat keaktifan siswa dari 93,40% meningkat menjadi 96,88%, berarti terjadi peningkatan sebesar 3,48%, nilai tertinggi naik dari 92 meningkat menjadi 94, berarti ada peningkatan 2 point atau naik 2,17%, nilai terendah naik dari 48 meningkat menjadi 56, berarti ada peningkatan 8 point atau naik 16,67%, nilai rata-rata dari 74,09 naik menjadi 78,06, berarti ada peningkatan 3,97 point atau naik 5,70%, dan jumlah siswa yang tuntas dari 21 orang atau 65,63% naik menjadi 28 orang atau 87,50%, berarti ada peningkatan sebanyak 7 orang atau naik 21,87% dan sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal, jumlah siswa yang mencapai peringkat prestasi belajar amat baik dari 2 orang atau 6,25%, tetap menjadi 2 orang atau 6,25%, berarti tidak ada peningkatan siswa yang mencapai peringkat prestasi belajar amat baik. Dengan penerapan model pembelajaran Talking Stick, kecerdasan berbahasa dan prestasi belajar Bahasa Inggris siswa mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu lebih dari 87,50% dan pembelajaran dianggap berhasil
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MATERI SISTEM EKSKRESI MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRI TERBIMBING Yulianto
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi materi sistem ekskresi melalui pembelajaran Inquiri terbimbing bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri Gondangrejo Semester 2 Tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Jumlah subyek penelitian yaitu 33 siswa. Penelitian ini menggunakan 3 siklus, dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Metode observasi berupa lembar observasi keaktifan belajar siswa dengan 7 indikator dan juga tes hasil belajar kognitif berupa soal pilihan ganda dan soal essay setiap siklus. Sedangkan dokumentasi mencakup foto kegiatan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiri Terbimbing pada mata pelajaran Biologi, materi Sistem Ekskresi dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa setiap siklusnya. Pada Pra siklus keaktifan belajar siswa dengan skor rata-rata 73%, Siklus I keaktifan belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata 83% dan Siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat lagi menjadi 92%. Pada Pra siklus hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai rata-rata 56,97 dengan persentase hasil belajar kognitif siswa yang sudah tuntas KKM 30%, pada Siklus I hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai rata-rata 65,33 dengan persentase hasil belajar kognitif siswa yang sudah tuntas KKM meningkat menjadi 64% dan pada Siklus II hasil belajar kognitif siswa memperoleh nilai rata-rata 68,79 dengan persentase hasil belajar kognitif siswa yang sudah tuntas KKM meningkat lagi menjadi 88 %.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR QUR’AN HADIS MATERI GHARIB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING Siti Supiyatun
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i1.24

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar Qur’an Hadis siswa kelas IX pada materi gharib sebagai materi yang akan diteliti. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX A MTsN 5 Malang Semester II tahun pelajaran 2020/2021 melalui model pembelajaran discovery learning. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test (yaitu pre-test dan post-test pada setiap siklus) dan observasi terhadap aktivitas siswa secara langsung. hasil tes berupa 10 butir soal untuk siklus I dan siklus II, semuanya valid. Sehingga jumlah butir yang terpakai untuk selanjutnya diujikan adalah sama bentuk namun berbeda lafadz. Dari Penelitian Tindakan Kelas ini diperoleh hasil dalam bentuk peningkatan aktivitas siswa pada siklus I aktivitas siswa rata-rata 63,6% pada siklus II menjadi 88%, dan nilai hasil belajar yang diukur dari nilai tes siswa siklus I rata-rata 62,8% pada siklus II rata-rata nilai menjadi 81,6%, dengan ketuntasan belajar di siklus I 13% pada siklus II menjadi 87,5%. Jadi dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Qur’an Hadis siswa kelas IX A MTsN 5 Malang pada materi gharib setelah menggunakan metode pembelajaran discovery learning.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON SEKOLAH MENENGAH ATAS Siti Amanah
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i1.25

Abstract

Tujuan penelitian adalah upaya untuk: (1) peningkatan aktifitas siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. (2) motivasi prestasi belajar kimia. (3) respon siswa. Rendahnya hasil evaluasi bidang pelajaran kimia merupakan salah satu indikator masih rendahnya kemampuan yang dicapai oleh siswa. Agar dapat memperoleh prestasi kimia yang baik dibutuhkan sikap atau motivasi sebagai bekal ajar untuk belajar dengan baik. Métode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Negeri 1 Tegalombo tahun ajaran 2022/2023. Motivasi belajar diukur dengan instrumen angket, sedangkan prestasi belajar kimia dan respon siswa diambil dari hasil tes dan angket setiap akhir siklus. Hasil dari penelitian menunjukkan motivasi dan prestasi belajar menjadi meningkat, yaitu ditandai dengan peningkatan rerata nilai dari siklus I sampai siklus III. Aktifitas juga terjadi peningkatan. Penerapan model pembelajaran Jigsaw memberikan respon yang positif bagi hasil belajar siswa.
PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MEDIA YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Mutia Rahmawati
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 1 (2023): Januari
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i1.26

Abstract

MIN 7 Tapin tahun pelajaran 2020/2021 semester genap dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Kisah keteladanan Nabi Musa a.s. yang disampaikan guru secara konvensioanl sehingga peserta didik merasa jenuh dan tidak memiliki ketertarikan yang akhirnya mempengaruhi hasil belajar siswa itu sendiri. Permasalahan ini yang menjadi dasar peneliti untuk melakukan penelitian berbentuk Classroom Action Research dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer media Youtube untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian yang dilakukan selama 2 siklus ini menunjukkan perkembangan hasil belajar siswa yang signifikan ketika metode konvensional dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Advance Organizer media Youtube. Pada keaktifan siswa diperoleh hasil siklus I yang awalnya kategori Kurang Aktif dan Cukup Aktif menjadi kategori Aktif pada siklus II untuk pertemuan pertama dengan skor 3,85 dan pertemuan kedua dengan skor 4,13. Hasil evaluasi belajar sendiri diketahui pada siklus I hanya 60% siswa yang mampu mencapai ketuntasan atau sebanyak 15 siswa dari 25 siswa dan mengalami perkembangan pada siklus II dengan kriteria keberhasilan 96% atau 24 siswa yang sudah memperoleh nilai maksimal atau tuntas sesuai standar nilai KKM 70. Dari hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran Advance Organizer media Youtube sangat tepat digunakan untuk pembelajaran Aqidah Akhlaq materi Kisah Keteladanan Nabi Musa a.s. sehingga peserta didik bisa menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar dari proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn SISWA MELALUI PENERAPAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMPN 5 KABUPATEN TEBO Ratnawati
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i2.76

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PPKn siswa melalui penerapan métode contextual teaching and learning (CTL) di SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo provinsi Jambi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis & Taggart (1982) dengan 4 tahapan pada setiap siklus. SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo adalah lokasi yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. D yang diajar dengan jumlah siswa sebanyak 32. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023 dan waktunya kurang lebih selama 2 bulan yang mulai pada bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2023. Dari hasil pelaksanaan siklus bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menerapkan metode contextual teaching and learning mengalami peningkatan yang cukup baik. Dimana pada siklus pertama rata–rata hasil belajar siswa 68,21 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 80,77. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan contextual teaching and learning sebagai metode belajar dapat meningkatkan prestasi mata pelajaran PPKn pada siswa kelas VIII.D semester genap SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo provinsi Jambi semester genap tahun pelajaran 2022/2023.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MIND MAPPING UNTUK SMPN 5 KABUPATEN TEBO M. Ganda
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i2.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa inggris siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif menggunakan mind mapping untuk SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-5 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo sebanyak 39 siswa, yakni terdiri dari 21 orang pria dan 18 orang wanita dengan kemampuan yang heterogen. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan yakni Hasil belajar siswa kelas IX-5 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo sebelum PTK adalah 72.1 dengan kategori kurang. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 80 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 2 adalah 81.5 dengan kategori cukup. Hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan 3 adalah 84.1 dengan kategori cukup dan pada pertemuan 4 adalah 86.9 dengan kategori baik. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif dengan menggunakan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris pada siswa kelas IX-5 SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo tahun pelajaran 2022/2023.
PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 5 KABUPATEN TEBO Helvin Hudari
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i2.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 5 Kabupaten Tebo semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 kelas VII A. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes yaitu tes formatif dan post test. Untuk mengukur kemmapuan prestasi hasil belajar siswa pada pokok bahasan persegi panjang dan persegi, lembar observasi aktivitas siswa dan guru untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru selam proses pembelajaran, dan skala sikap siswa dengan model skala likert dengan teknik penskoran secara aposteriori untuk melihat sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS. Hasil yang diperoleh adalah: (a) aktivitas siswa mengalami peningkatan. (b) rata-rata presentase prestasi hasil belajar siswa meningkat (c) sikap siswa terhadap model pembelajaran Kooperatif Teknik TPS secara keseluruhan adalah positif.
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SDN 138/VIII SUNGAI BENGKAL Sopia Willifitri
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i2.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika menggunakan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SD Negeri 138/VIII Sungai Bengkal Provinsi Jambi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistic dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 138/VIII Sungai Bengkal Provinsi Jambi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Peningkatan minat telah memenuhi kriteria ditunjukan dengan Skor angket minat belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum tindakan sebesar 49% dengan kategori rendah, siklus I sebesar 58% dengan kategori sedang dan pada siklus II sebesar 85% dengan kategori tinggi.
UPAYA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PbL) DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA SMAN 6 TEBO PADA MATA PELAJARAN EKONOMI PEMINATAN Rohenan
Jurnal Hasil Penelitian dan Pengembangan (JHPP) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Perkumpulan Cendekia Muda Kreatif Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.61116/jhpp.v1i2.80

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi Kelas XII IPS-1 SMA Negeri 6 Tebo Provinsi Jambi Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, guru dan melibatkan keaktifan siswa. Subjek penelitian siswa Kelas XII IPS-1 SMA Negeri 6 Tebo Provinsi Jambi Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023. tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa sebesar 10,54% (siklus I sebesar 79,92% dan siklus II sebesar 90,46%), peningkatan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebesar 11,8% (siklus I sebesar 78,6% dan siklus II sebesar 90,4%). peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran sebesar 19,36% (siklus I sebesar 75,01% dan siklus II sebesar 93,10%). Kesimpulan hipotesis dapat diterima

Page 1 of 4 | Total Record : 38