Kemampuan pra-membaca dan mengenal huruf pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah Talamangape belum berkembang dengan baik. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media loose part mampu meningkatkan kemampuan pra-membaca atau mengenal huruf-huruf abjad pada anak di TK Aisyiyah Talamangape. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan dapat menjadi pembelajaran inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pra-membaca anak. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 15 orang anak Kelompok B2. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu dari 15 anak yang sudah mampu menyusun huruf dan membaca katanya. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pra membaca awal pada anak kelompok B2 pada pra tindakan melalui observasi mendapatkan data anak yang sudah bisa menyusun huruf dan membaca katanya sebnayak 20%, pada siklus II berkembang menjadi 40% dan pada siklus II berkembang mencapai 80%. Perolehan pada siklus II ini menjukan bahwa penelitian ini berhasil mencapai indikator yang telah ditetapkan yaitu . Berdasarkan pada hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Peningkatan kemampuan Pra membaca dan mengenal huruf pada anak kelompok B2 mengalami peningkatan, disebabkan melalui belajar meggunakan media loose parts yang ada dilingkungan sekitar anak membuat mereka senang dan semangat belajar hal baru.
Copyrights © 2023