Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif STAD. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Trans Batumarta VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes akhir siklus, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (53,85%) atau ada 7 siswa dengan nilai rata-rata 72,23, siklus II (76,92%,) atau ada 10 siswa dengan nilai rata-rata 78,92, siklus III (92,31%) atau 12 siswa dengan nilai rata-rata 81,00. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan motivasi belajar Siswa SD Negeri 01 Trans Batumarta VI, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA
Copyrights © 2023