Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan baik pada perkuliahan teori dan juga perkuliahan praktik. Penggunaan media pembelajaran virtual interaktif berbasis adobe flash saat perkuliahan daring diharapkan dapat menggantikan kompetensi seperti perkulihan tatap muka praktik di bengkel. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual interaktif pada mata kuliah praktik khususnya Alat & Pengukuran Teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi yang sekaligus menjadi dalam penelitian ini berjumlah 66 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual in-terakitf pada mata kuliah praktik Alat & Pengukuran Teknik termasuk da-lam ketegori sedang dengan persentase 50%. Media pembelajaran virtual interaktif yang digunakan belum bisa mengakomodir kompetensi seperti saat dilakukan praktik tatap muka di bengkel.
Copyrights © 2022