Journal of Automotive Technology Vocational Education
Vol. 3 No. 1 (2022): April 2022

PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIRTUAL INTERAKTIF SAAT PERKULIAHAN DARING PADA MATA KULIAH PRAKTIK

Dwiki Muda Yulanto (Universitas Negeri Medan)
Didik Rohmantoro (Universitas PGRI Yogyakarta)
Bayu Gilang Purnomo (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring dilaksanakan baik pada perkuliahan teori dan juga perkuliahan praktik. Penggunaan media pembelajaran virtual interaktif berbasis adobe flash saat perkuliahan daring diharapkan dapat menggantikan kompetensi seperti perkulihan tatap muka praktik di bengkel. Penlitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual interaktif pada mata kuliah praktik khususnya Alat & Pengukuran Teknik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi yang sekaligus menjadi dalam penelitian ini berjumlah 66 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran virtual in-terakitf pada mata kuliah praktik Alat & Pengukuran Teknik termasuk da-lam ketegori sedang dengan persentase 50%. Media pembelajaran virtual interaktif yang digunakan belum bisa mengakomodir kompetensi seperti saat dilakukan praktik tatap muka di bengkel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jatve

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering

Description

Teaching and Learning at TVET: studying theory and strategy; curriculum development; development of learning media; teaching methods; character education on TVET; industrial internship; work based learning; e-learning development for TVET; technology-based entrepreneurship based learning; school ...