Abstrak Dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami perkembangan, terlihat dari beragamnya metode pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Selain metode pembelajaran, media pembelajaran mengalami kemajuan seiring dengan kemajuan teknologi. Oleh karena itu, kajian ini dilator belakangi oleh kelakuan siswa yang masih dianggap kurang memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, dikarenakan munculnya rasa bosan, dan rasa malas. Terkadang siswa juga cenderung merasa malu untuk bertanya kepada guru ketika terdapat permasalahan dalam proses pembelajaran. Kualitas pembelajaran yang serba instan akan mempengaruhi disiplin belajar, dan respon mereka selama pembelajaran, siswa menjadi tidak aktif dan tujuan pembelajaran belum bisa tercapai dengan efektif. Maka dari itu guru mengupayakan metode yang meningkatkan prestasi belajar siswa agar siswa dapat memahami pembelajaran. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tanya jawab dapat memberikan gambaran tentang bagaimana interaksi yang terjadi didalamnya dapat memenuhi indikator keaktifan belajar, berupa semangat mengikuti pembelajaran, berani bertanya, berani menjawab pertanyaan. Penggunaan metode Tanya jawab efektif dugunakan sebagai alternatif, solusi untuk masalah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
Copyrights © 2023