cover
Contact Name
Elisabeth Tantiana Ngura
Contact Email
elisabethngura@gmail.com
Phone
+6285338387959
Journal Mail Official
jurnal.jcpa@gmail.com
Editorial Address
Jalan Trans Bajawa-Ende, Kabupaten Ngada, NTT
Location
Kab. ngada,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Citra Pendidikan Anak
Published by STKIP Citra Bakti
ISSN : -     EISSN : 28305671     DOI : https://doi.org/10.38048
Core Subject : Education,
Jurnal Citra Pendidikan Anak disingkat JCPA adalah jurnal ilmiah yang memuat hasil pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian anak usia dini dan pendidikan dasar. JCPA diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti. JCPA terbit 4 kali dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Jurnal Citra Pendidikan Anak mengkaji tentang hasil hasil penelitian dalam bidang: 1. Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 2. Pembelajaran dan Media Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 3. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 4. Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar 5. Isu isu Terkini dalam Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Dasar
Articles 96 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK PICTURE UNTUK MENINGKATKANKEMAMPUAN BAHASA MENGENAL HURUF AWAL BENDA ANAK KELOMPOK A TKK ST. YOSEPH SADHA KECAMATAN GOLEWA SELATAN Angelina Merici Muwa; Konstantinus Dua Dhiu; Gde Putu Arya Oka
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.722

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa anak usia4-5 tahun di TKK St. Yoseph Sadha. Penelitian ini menggunakan penelitianpengembangan. Pengeumpulan data dilakukan melalui wawancara,angket, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah anak usiadini. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dananalisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian melaluipenilaian uji ahli materi tentang pengembangan media scrapbook pictureuntuk meningkatkan aspek bahasa pada anak usia 4-5 di TKK St. YosephSadha memperoleh jumlah skor 32 dengan nilai rata-rata 80% kriteriavalid. Hasil penilaian dari ahli media tentang media scrapbook picturememproleh jumlah skor 29 dengan nilai rata-rata 82,8% kriteria valid. Hasilpenilaian ahli desain terhadap media scrapbook picture memperolehjumlah skor 25 dengan nilai rata-rata 83,35% kriteria valid. Hasil penilaianyang diuji coba kepada kelompok kecil memperoleh skor 10 nilai rata-rata100% kriteria sangat valid. Hasil penilaian yang diuji coba peroranganmemperoleh skor 25 dengan nilai rata-rata 100% kriteria sangat valid.
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ASPEK BERPIKIR SIMBOLIK MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. CLARA WUDU KECAMATAN BOAWAE KABUPATEN NAGEKEO Maria Thresia Nena; Efrida Ita; Konstantinus Dua Dhiu
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.723

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif untukmengenal angka anak menggunakan Media kartua angka pada anak usia5-6 tahun di TKK santa Clara Wudu. Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6tahun di TKK Santa Clara Wudu, yang berjumlah 20 anak. Metodepengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi.Teknik analisis menggunakan deskriptif dan kuantatif dan persentase.Langkah-langkah yang dilakukan penelitian dilakukan kegiatan yangmenunjukan kemampuan kognitif mengenal angka atau lambang bilangananak usia 5-6 tahun di TKK Santa Clara Wudu mengingat denganpenggunaan media kartu angka secara bertahap yaitu : mengurutkanlambang bilangan 1-10, Mengenal angaka 1-10 yang ada, meniru tulisanlambang bilanga atau angka, menempel angaka sesuai dengan jumlahgambar yang ada serta mencocokan bilangan dengan lambang bilangan.Peningkatan dapat dibuktikan dengan perolehan persentase pencapaianmencapai 83,3% pada siklus II yang telah mencapai indikator yang telahditentukan yaitu >75%. Oleh karena itu bahwa melalui media kartu angkakempuan kognitif pada anak usia 5-6 tahun mengalami peningkatan.Untuk itu sarankan kepada guru-guru agar menyiapkan media kegiatanpembelajaran yang menarik dan menyenangkan anak.
PENGEMBANGAN MEDIA HAND PUPPET UNTUK MENINGKATKAN ASPEK BAHASA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI TAHUN AJARAN 2021 Agustina Moi Do; Konstantinus Dua Dhiu; Yasinta Maria Fono
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bahasa pada anakusia 5-6 Tahun di PAUD Terpadu Citra Bakti. Penelitian ini menggunakanpenelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan melaluiwawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalahanak usia dini. Analisis Data menggunakan teknik analisis deskriptifkualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasilpenelitian melalui Penilaian uji ahli materi tentang pengembangan mediaHand Puppet untuk meningkatkan aspek bahasa pada anak usia 5-6 tahundi PAUD Terpadu Citra Bakti memperoleh jumlah skor 30 dengan nilairata-rata 100% kriteria sangat valid. Hasil penilaian dari ahli media tentangMedia Hand Puppet memperoleh jumlah 36 dengan nilai rata-rata 90%kriteria sangat valid. Hasil penilaian ahli desain terhadap media HandPuppet memperoleh jumlah skor 63 dengan nilai rata-rata 84% dengankriteria valid. Hasil penilaian yang diuji coba kepada kelompok kecilmemperoleh skor 25, nilai rata-rata 100% kriteria sangat valid. Hasilpenilaian yang diuji coba perorangan memperoleh skor 10 dengan nilairata-rata 100% kriteria sangat valid.
PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ANGKA UNTUK KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK. Wigbertha Wea; Elisabeth Tantiana Ngura; Karmelia Rosfinda Meo Maku
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain atau rancangan mediapapan angka dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dinidan mengetahui tingkat kelayakan media papan angka dalammeningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di TK Negeri PembinaTurekisa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan denganmenggunakan model ADDIE yang terdiri atas tahap Analyze, Design,Development, Implementation, dan Evaluation. Analisis data yangdigunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkanpenilaian atau uji coba dengan ahli materi, bahwa produk yangdikembangkan berada pada kategori “valid” dengan skor nilai 82,2%. Ujicoba dengan ahli media berada pada kategori “sangat valid” dengan skornilai 86%. Uji coba ahli desain berada pada kategori “valid” berada padaskor 86,67%. Penilaian untuk buku panduan dari ahli materi berada padakategori “sangat valid” dengan skor nilai 96,6%, penilaian buku panduandari ahli media dan desain berada pada kategori “valid” dengan jumlahskor 84%. Uji coba ahli perseorangan berada pada kategori “sangat valid”jumlah skor 100%. Uji coba ahli kelompok kecil berada pada kategori“sangat valid” jumlah skor 100%. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa media papan angka yang dikembangkan dinyatakan layak untukdigunakan dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
PENGEMBANGAN MEDIA SEMPOA ASPEK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK NEGERI HARAPAN BANGSA KOELODA KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA Maria Dolorosa Deru; Efrida Ita; Elisabeth Tantiana Ngura
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pengembanganmedia sempoa untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anakusia 5-6 tahun dan mengetahui kelayakan media sempoa untukmeningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TKKNegeri Harapan Bangsa Koeloda. Subjek dalam penelitian ini adalahanak TKK Negeri Harapan Bangsa Koeloda yang berusia 5-6 tahun.Media sempoa yang dikembangkan ini menggunakan model ADDIE yaituAnalyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasilpenelitian pengembangan media sempoa ini berdasarkan hasil uji cobaahli dan anak sebagai pengguna produk adalah 1) uji coba ahlikonten/materi dengan kriteria sangat valid, 2) uji coba ahli mediapembelajaran dengan kriteria sangat valid, 3) uji coba ahli desainpembelajaran dengan kriteria valid, 4) uji coba perorangan dan uji cobakelompok kecil sebagai pengguna produk dengan kriteria valid. Dengandemikian pengembangan media sempoa ini layak digunakan di TKKNegeri Harapan Bangsa Koeloda pada anak usia 5-6 tahun.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE PADA ANAK KELOMPOK B TKK NEGERI PEMBINA TUREKISA KECAMATAN GOLEWA BARAT KABUPATEN NGADA TAHUN AJARAN 2020/2021 Matilda Leda Ngebu; Marsianus Meka; Efrida Ita
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.727

Abstract

Kegiatan penerapan alat permainan puzzle merupakan salah satumetode yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitifanak di TKK Negeri Pembina Turekisa, Metode penelitian ini adalahpenelitian kualitatif deskriptif ini yang bertujuan untuk mengetahuipenerapan alat permainan edukatif puzzle dalam mengembangkankemampuan kognitif anak. Penelitian ini menggunakan subjek gurudan anak yaitu 1 orang guru dan 12 peserta didik. Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dandokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwapenerapan alat permainan puzzle telah dilaksanakan, tetapi langkahlangkah dalam bermain puzzle belum sesuai dengan gabungan teoriSubagio dan Situmorang, masih ada satu langkah yang belumditerapkan yaitu Guru mengumpulkan berbagai jenis puzzle danmembebaskan anak untuk memilih berbagai jenis puzzle yang merekasukai. Dari hasil perkembangan Kognitif anak dilaksanakan melalui 2siklus. Siklus I BB (Belum berkembang) ada (0%), MB (MulaiBerkembang) ada (26-50%), BSH (Berkembang Sesuai Harapan)ada 51-75%, dan BSB (Berkembang Sangat Baik) 76-100%.
PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK SORTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKK ST THERESIA MANGULEWA KECAMATAN GOLEWA BARAT KABUPATEN NGADA Lidia Jenia; Elisabeth Tantiana Ngura; Marsianus Meka
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.728

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain/rancangan mediakotak sortasi yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif padaanak usia 5-6 tahun dan mengetahui kelayakan media kotak sortasiuntuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di Tkk StTheresia. Penelitian ini dilakukan di TKK St. Theresia MangulewaAdapun subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orangahli media, 1 orang ahli desain dan peserta didik dari TKK St. Theresia.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media berdasarkanhasil uji coba ahli materi, ahli media, ahli desain pembelajaran, ujiperseorangan, dan uji kelompok kecil berada pada kategori valid dansangat valid. Berdasarkan hasil uji coba ahli materi memperolehpersentase 82,2% dengan kategori Valid, uji coba ahli mediapembelajaran memperoleh persentase 82,5% berada pada kategoriValid, uji coba ahli desain pembelajaran memperoleh 80% dengankategori Valid, uji coba perseorangan memperoleh persentase 100%dalam kategori Sangat Valid, dan uji coba kelompok kecil memperolehpersentase 100% dengan kategori Sangat Valid. Berdasarkanpersentase dan tingkat kevalidan yang diperoleh, maka dapatdisimpulkan bahwa media kotak sortasi ini layak digunakan sebagaimedia pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan kognitif padaanak usia 5-6 tahun.
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU BERGAMBAR TEMA TANAH AIRKU UNTUK KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK KELOMPOK B DI TKK ADE IRMA MATALOKO KECAMATAN GOLEWA KABUPATEN NGADA Apolonia Sengo; Marsianus Meka; Gde Putu Arya Oka
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media bukubergambar untuk kemampuan berbahasa pada anak usia dini danmengetahui kualitas hasil uji coba produk media buku bergambartema tanah airku untuk kemampuan berbahasa pada anak usiadini kelompok 5-6 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:Dihasilkannya media buku bergambar tema tanah airku dengankelayakan berdasarkan hasil uji ahli materi pembelajaran diperolehhasil dengan presentase 93,75% dengan kualifikasi “Sangat Valid”,penilaian dari ahli media pembelajaran memperoleh presentase93,75% dengan kualifikasi “Valid”, penilaian dari ahli desainpembelajaran memperoleh presentase 88,2% dengan kualifikasi“Valid”, penilaian pada uji coba perorangan memperolehpresentase 85,71% dengan kualifikasi “Valid”, dan penilaian padauji coba kelompok kecil memperoleh presentase 80% dengankualifikasi ”Valid”. Dari hasil diatas menunjukan bahwa media bukubergambar tema tanah airku layak untuk digunakan sebagai mediapembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berbahasapada anak usia dini 5-6 tahun di TKK Ade Irma Mataloko.
PENGEMBANGAN MEDIA MAKET BERBASIS BUDAYA LOKAL NGADA UNTUK KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ASPEK BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TERPADU CITRA BAKTI Gabriel Deta Bela; Marsianus Meka; Efrida Ita
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media maket berbasisbudaya lokal Ngada dalam meningkatkan kemampuan kognitif padaaspek berpikir simbolik anak usia dini dan untuk mengetahui kelayakanmedia maket berbasis budaya lokal Ngada dalam meningkatkankemampuan kognitif pada aspek berpikir simbolik anak usia dinikelompok B di PAUD Terpadu Citra Bakti Kecamatan Golewa BaratKabupaten Ngada. Penelitian ini adalah penelitian pengembangandengan menggunakan model ADDIE. Berdasarkan penilaian atau ujicoba dengan ahli materi, bahwa produk yang dikembangkan beradapada kategori “valid” dengan skor nilai82,2%. Dengan demikian melaluiuji coba yang telah dilakukan oleh ahli dan anak sebagai penggunaproduk maka media maket berbasis budaya lokal Ngada yangdikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan dalammeningkatkan kemampuan kognitif aspek berpikir simbolik.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOLA ANGKA BERWARNA UNTUK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA 5-6 TAHUN KELOMPOK B DI TKK SALVA TORIS SATAP SDI SOKA DESA BOBA 1 KECAMATAN GOLEWA SELATAN KABUPATEN NGADA Ristana Detty; Konstantinus Dua Dhiu; Andi Nafsia
Jurnal Citra Pendidikan Anak Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Citra Pendidikan Anak
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat STKIP Citra Bakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.38048/jcpa.v1i1.731

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menghasilkan Media Bola Angka Berwarna dalam meningkatkan kemampuan berpikir simbolik untuk mengenal lambang bilangan dan mengetahui kualitas hasil uji coba produk pengembangan Media Bola Angka Berwarna untuk anak usia 5-6 Tahun kelompok B di TKK Salvatoris Satap SDI Soka. Media yang akan dikembangkan adalah Media Bola Angka Berwarna yang relevan untuk dikombinasi dalam tema Diriku untuk dijadikan sebuah media pembelajaran. Pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian pengembangan Media Bola Angka Berwarna berdasarkan hasil uji coba ahli dan anak sebagai pengguna produk dinyatakan “sangat valid’’.

Page 1 of 10 | Total Record : 96