Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama
Vol 4, No 2 (2023): Jurnal Pengabdian Kesehatan Beguai Jejama Volume 4 Nomor 2 Agustus 2023

Upaya Meningkatkan Minat Siswa/i SMAN 1 Palangka Raya Untuk Melanjutkan Kuliah ke Jenjang Perguruan Tinggi

Remi Ayu Pratika (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah)
Retno Agnestisia (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah)
Diah Ayu Pramoda Wardani (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah)
Ansori Rahman (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah)
I Nyoman Sudyana (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Palangka Raya Jl. Yos Sudarso Palangka Raya 73111, Kalimantan Tengah)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2023

Abstract

Proses Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) mengharuskan calon mahasiswa memiliki pengetahuan yang mumpuni sebelum mengikuti proses seleksi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan kepada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palangka Raya berdasarkan kondisi para siswa yang masih belum mengetahui strategi yang tepat dalam menentukan pilihan perkuliahan di Perguruan Tinggi. Tujuannya pelaksanaanya adalah memberikan pengetahuan terkait strategi masuk ke Perguruan Tinggi pilihan serta motivasi untuk menumbuhkan minat siswa dalam mengikuti seleksi masuk Perguruan Tinggi. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dalam bentuk ceramah dan diskusi serta pada tahap akhir dilakukan evaluasi. Peserta sosialisasi sebanyak 28 orang merupakan perwakilan dari siswa/i kelas XII. Hasil sosialisasi menunjukkan peserta kegiatan memberikan respons positif terhadap materi yang diberikan. 75% dari siswa/i peserta kegiatan menyatakan Sangat Setuju jika tema kegiatan sesuai dengan yang dibutuhkan. Siswa/i memilih Setuju (32%) dan Sangat Setuju (68%) jika materi yang disampaikan mudah dipahami serta Siswa/i menyatakan Setuju (29%) dan Sangat Setuju (71%) jika pengetahuan mereka mengalami peningkatan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

beguaijejama

Publisher

Subject

Education Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences

Description

Poltekkes Kemenkes Tanjung Karang merupakan institusi pendidikan vokasi di bidang kesehatan yang menjalankan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat. Kegiatan pengabdian perlu dipublikasikan guna pemanfaatan lebih luas bagi masyarakat, oleh karena itu Politeknik Kesehatan ...