Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan Volume 1 Nomor 2

Pengaruh Penerapan Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas VII SMP : Hasil Riset

Resdiana Safithri (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Rikhel Saputri (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha)
Lovi Leoni (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha)
Lidia Gusfi Marni (Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan sulit bagi siswa. Hal ini menjadi salah satu penyebab kurangnya minat siswa dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan observasi di lapangan, proses belajar mengajar masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, sehingga belajar menjadi membosankan juga cenderung monoton bagi siswa dan mengurangi minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode project based learning (PjBL) terhadap motivasi belajar siswa pada materi bangun ruang kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (pre-experimental design) dengan menggunakan desain one-group pretest posttest. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner atau angket. Selanjutnya, peneliti menggunakan uji N-Gain sebagai Teknik analisis data dengan bantuan program software IBM SPSS Statistic 26. Berdasarkan analisis data, hasil yang didapatkan adalah nilai t hitung (23,864) > t tabel (2,045) dan nilai probabilitas (0,000) < 0,05 hal ini dapat diartikan bahwa ditolaknya H0 dan diterimanya H1. Serta hasil uji N-Gain Score yaitu sebesar 0,77 dan N-Gain persen sebesar 77,50% dimana artinya kategori tafsiran memiliki nilai efektivitas tinggi. Sehingga didapat kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada materi bangun ruang berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 17 Kota Jambi yaitu sebesar 77,50 %.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jerkin

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is a journal on Faculty of Education. Jurnal JERKIN: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan is under the auspices of the Faculty of Education, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: 2961-9890. Jurnal ...