Attaqwa:Jurnal Ilmu Pendidikan Islam
Vol. 18 No. 1 (2022): Maret

Implementasi Metode Pembelajaran Qiro’ah Sab’ah Dalam Meningkatkan Pemahaman Terhadap Qiro’ah Masyhuroh di Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang

Muhammad Umar Khamdan (Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng)
Hanifuddin Mahadun (Universitas Hasyim Asy'ari Jombang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Abstrak Qiraat Mutawatirah bukanlah hasil ijtihad seseorang, ia adalah wahyu yang diterima Nabi Muhammad SAW dari Allah melalui perantara Jibril, lalu dibacakannya kepada para sahabat-sahabat ia, kemudian oleh para sahabat ia, secara berantai bacaan itu diajarkan kepada para tabiin melalui talaqqi dan musyafahah yang pada akhirnya diterima oleh para imam muqri’ yang kemudian meletakkan dasar-dasar bacaannya dan kaidah-kaidahnya berdasarkan apa yang telah mereka terima dari para tabiin guru-guru mereka. Oleh karenanya bacaan-bacaan ini lalu dinisbatkan kepada mereka. Qiraah tujuh yang dikenal sekarang memilik sanad bacaan (qiraat) yang bersambung dengan bacaan Rasulullah Saw. Seluruh qiraah tujuh juga mengambil sanad dari pembesar tabi’in dan sahabat yang ada di zamannya. Madrasatul Quran, suatu lembaga pesantren yang memelihara dan mempertahankan sistem pengajaran al-quran sampai pada metode Qiraat Sab’ah setelah proses tahfidz al-Quran. Sistem pedidikan dan pengajaran al-Quran yang dibangun oleh pendiri dan pengasuh lembaga tersebut begitu kuat, sehingga sampai saat ini pengajaran qiraat sab’ah tetap berkelanjutan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

attaqwa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Attaqwa: Journal of Islamic Education (p-ISSN 1693-0649 e-ISSN: 2620-3901) is published by Islamic Religious Education Study Program of Islamic Institute of Daruttaqwa Gresik, East Java, Indonesia. This journal is focused on the development of Islamic education, both locally, nationally and ...